Greenpeace Gelar Pelatihan Fotografi di Pekanbaru

id greenpeace gelar, pelatihan fotografi, di pekanbaru

Greenpeace Gelar Pelatihan Fotografi di Pekanbaru

Pekanbaru, (ANTARAriau News) - Organisasi pemerhati lingkungan Greenpeace menggelar pelatihan fotografi dengan tema "Citizen photography, social media and environment" di Taman Kota Pekanbaru, Riau, Sabtu (24/9).

"Pelatihan ini gratis dan merupakan rangkaian dari program kampanye lingkungan kami kepada generasi muda di Riau, terutama Pekanbaru, untuk lebih perduli dengan lingkungan di sekitar mereka," kata Juru Kampanye Hutan Greenpeace Asia Tenggara, Joko Arief.

Sebelumnya selama dua hari terakhir, Greenpeace melakukan kampanye keliling di sejumlah sekolah dan universitas di Pekanbaru. Acara tersebut berisi ajakan kepada siswa dan mahasiswa untuk ikut mencegah kerusakan hutan alam di Riau akibat pembukaan kebun akasia yang tak terkendali.

"Kami mengharapkan generasi muda menyadari bahwa kerusakan yang terus terjadi terhadap hutan alam di Riau akan berdampak tidak hanya kepada satwa seperti harimau Sumatera, tapi juga akan berdampak buruk pada kita semua," katanya.

Ia menjelaskan, pelatihan fotografi akan dipandu oleh fotografer Tribun Pekanbaru Melvinas Priananda. Acara itu berlangsung mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WIB. Ia mengatakan, peserta tak dipungut bayaran dan bebas menggunakan media apa saja untuk memotret, mulai dari kamera saku hingga telepon seluler.

Ia mengatakan, Greenpeace juga mengadakan lomba foto "on the spot" untuk peserta. Para pemenang akan mendapatkan souvenir dan karyanya akan dipublikasikan dalam blog Greenpeace.

nti dari lomba tersebut adalah penggunaan media sosial untuk mengkampanyekan lingkungan. Peserta bebas memotret objek, kemudian diunduh ke media sosial seperti facebook atau twitter. Untuk syarat penjurian, peserta diminta mengirimkan tautan sosial media yang memuat karya mereka ke alamat email panitia.

"Lomba foto berlangsung dua hari pada tanggal 24-25 September," katanya.

Ia menambahkan, Greenpeace juga menggelar pameran foto bertema lingkungan di Taman Kota Pekanbaru yang bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Pekanbaru, dan Komunitas Fotografi Pekanbaru (KFP). Selain itu terdapat juga lomba menghias kartu pos yang diikuti siswa TK/SD, demo pembuatan karikatur, dan berbagi kisah dengan datuk pawang harimau Sumatera dari Sumatera Barat.