Mudik gratis ditiadakan, pengamat sarankan untuk alihkan anggaran ke bantuan sembako

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, mudik,corona

Mudik gratis ditiadakan, pengamat sarankan untuk alihkan anggaran ke bantuan sembako

Pemudik memperlihatkan tiket mudik BUMN Hadir untuk Negeri program mudik gratis PT Pelindo I (persero) Cabang Lhokseumawe, Aceh, di Kompleks Pelabuhan Krueng Geukuh, Aceh Utara, Aceh, Kamis (30/5/2019). (Antara Aceh/Rahmad)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menyarankan agar pemerintah mengalihkan anggaran program mudik gratis ke bantuan sembako Lebaran.

"Anggaran mudik gratis dapat dialihkan kepada pemudik dalam bentuk voucher bantuan sembako Lebaran," ujar Djoko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Kemenhub usul kepada pemerintah larang mudik untuk cegah perluasan wabah COVID-19

Dia juga menambahkan voucher tersebut diprioritaskan kepada masyarakat yang telah mengikuti dan mendaftar program mudik gratis tahun lalu.

"Data pemudik gratis itu masih ada dan bisa digunakan untuk pemberian bantuan itu. Pemerintah dapat bekerjasama dengan pengusaha minimarket, sehingga voucher tersebut mudah ditukarkan ke minimarket terdekat," kata Djoko.

Djoko juga menyarankan agar masyarakat pada saat Lebaran bisa melakukan panggilan lewat video (video call) dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman sebagai pengganti mudik yang tertunda pada tahun ini.

"Pemerintah dapat memberikan keringanan biaya penggunaan telpon seluler kepada mereka yang melakukan video call sebagai kompensasi tidak mudik pada tahun ini," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020.

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan status keadaan darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan bahwa baik program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan.

Ia mengatakan untuk di Ditjen Perhubungan Darat, baik mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan semuanya akan dihapuskan.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin minta masyarakat tidak mudik Lebaran 2020

Baca juga: Warga Aceh perantauan diimbau tunda pulang kampung cegah corona


Pewarta: Aji Cakti