Pemko Ajak Masyarakat Meriahkan Tradisi Petang Megang

id pemko ajak, masyarakat meriahkan, tradisi petang megang

Pekanbaru,27/7 (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekanbaru, Provinsi Riua, mengajak masyarakat Pekanbaru memeriahkan acara petang megang yang sudah menjadi tradisi tahunan setiap menjelang bulan Ramadhan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru Destrayani Bibra, Rabu mengatakan, seperti tahun-tahun sebelumnya setiap menjelang puasa Pemko akan mengadakan tradisi atau kebudayaan tahunan, petang megang yang dilanjutkan dengan mandi berlimau kasai.

Acara tersebut akan kita laksanakan pada 31 Juli atau hari Minggu ini, kita menghimbau kepada seluruh masyarakat agar, ikut memeriahkan acara ini, supaya hal ini menjadi penarik wisatawan luar, ujarnya.

pihaknya juga akan membuat pengumuman dan edaran nantinya yang bertujuan untuk mengundang seluruh masyarakat Pekanbaru ikut memeriahkan acara tersebut.

"Kita akan buat edaran dan pengumuman di media-media agar masyarakat tahu", ujar Bibra.

Bibra katakan, jika dalam pelaksanaan petang megang nanti, Pemko telah menyediakan 1500 ekor itik, yang akan dilepas pada saat acara mandi berlimau kasai, disungai Siak sehingga masyarakat dipersilahkan untuk menangkapnya.

"Kita juga akan menyediakan 1500 ekor itik seperti tahun-tahun sebelumnya yang nantinya sebagai hiburan kepada masyarakat untuk memperebutkan itik itu di sungai Siak", jelas Bibra.

Acara akan dimulai pada jam tiga sore, dengan rute awal perjalanan rombongan Pemko dan arak-arakan menuju pemakaman Senapelan Jalan Kesehatan, selanjutnya menuju Masjid Raya Jalan Perdagangan dan dilanjutkan menuju Jembatan Siak I dimana lokasi puncak Petang Megang.

"Kita akan mengadakan pawai keliling dulu dan melakukan ziarah dipemakaman Senapelan baru kita langsung kelokasi puncak balimau kasai di jembatan Siak satu", katanya.