Pemko Dumai Nyatakan Siap Moratorium CPNS

id pemko dumai nyatakan siap moratorium cpns

Dumai, 19/7 (ANTARA) - Pemerintah Kota Dumai, Provinsi Riau, menyatakan kesiapannya untuk realisasi usulan yang disampaikan sejumlah pihak terkait penundaan sementara atau moratorium penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2011.

Wali Kota Dumai H Khairul Anwar kepada ANTARA di Dumai, Selasa mengatakan, sejauh ini pihaknya memang telah mengajukan usulan penambahan kuota CPNS untuk bidang tertentu terutama guru dan pegawai kesehatan yang di rasa saat ini masih minim.

"Namun jika memang itu sudah menjadi keputusan pemerintah pusat, kita siap dan akan menerima keputusan tersebut," ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Dumai, Sepranef Syamsir, mengatakan, tahun ini pihaknya telah mengusulkan 168 formasi CPNS untuk ditempatkan di rumah sakit dan pusat layanan kesehatan serta Dinas Pendidikan mengingat paramedis dan guru yang masih kurang.

"Saat ini kita hanya tinggal menunggu realisasi formasi yang telah ditetapkan atau disetujui oleh pemerintah pusat. Namun jika ada keputusan moratorium, kita siap," ujarnya.

Formasi CPNS Dumai sudah diusulkan BKD sejak awal Maret 2011. Formasi yang diajukan didominasi oleh jenjang pendidikan Strata 1, namun ada juga beberapa yang Diploma 3.

Sepranef mengatakan, usulan formasi CPNS tersebut sebelumnya diprediksi hanya akan tidak melampaui kuota yang diajukan.

"Namun apabila hal itu terjadi, kita sudah menyiasati dengan melakukan perombakan formasi di daerah. Tapi kalau moratorim, tentunya tidak akan ada perombakan formasi," kata Sepranef.

Rencana atau pengusulan moratorium CPNS karena lebih dari seperdua beban keuangan daerah hanya dibayarkan untuk gaji dan operasional pegawai yang jumlahnya semakin banyak, sementara sisanya baru digunakan untuk membangun daerah.

Sejumlah pihak meminta agar usulan moratorium penerimaan CPNS itu segera dikaji dan diberlakukan pada daerah yang dianggap krusial. ***1***