Firdaus MT Bantah Tim PAS Lakukan Kecurangan

id firdaus mt, bantah tim, pas lakukan kecurangan

Pekanbaru, 19/5 (ANTARA) - Calon Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT membantah tudingan bahwa tim pemenangannya melakukan kecurangan saat hari pemungutan suara Pilkada setempat.

"Kecurangan mungkin ada tapi saya yakin itu hanya oknum yang tak bertanggung jawab, tak bermoral dan bukan terstruktur," kata Firdaus MT di kediamannya di Pekanbaru, Kamis.

Pasangan calon Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT-Ayat Cahyadi yang mengusung slogan pasangan Profesional, Amanah, Santun (PAS), mengklaim telah meraih suara terbanyak yakni sekitar 60 persen.

Sebelumnya, tim pemenangan dari pasangan calon Septina Primawati-Erizal Muluk (Berseri) menunding telah terjadi banyak kecurangan yang dilakukan tim PAS pada saat pemungutan suara.

Menanggapi hal itu, Firdaus mempersilakan pihak yang tak puas nantinya dengan hasil Pemilukada untuk menempuh jalur hukum yang ada.

"Salurkan saja aspirasi sesuai dengan mekanisme, yang tak puas bisa ke Makhamah Konstitusi," katanya.

Ia mengaku lebih baik memilih berbaik sangka terhadap pelanggaran yang terjadi.

"Mungkin itu karena terlalu tingginya semangat untuk berdemokrasi, tapi malah melakukan pelanggaran," ujarnya.

Berdasarkan hasil perhitungan yang dihimpun dari tiap saksi PAS hingga pukul 00.00 WIB, lanjutnya, pasangan dengan nomor urut 1 itu mendulang 92.180 suara dari 1.250 tempat pemungutan suara (TPS) yang ada di Pekanbaru.

Mereka mengalahkan pasangan nomor urut 2 Septina Primawati Rusli-Erizal Muluk yang berslogan (Berseri), yang hanya mendapatkan 62.195 suara atau setara 40 persen.