Ini pesan Pj Bupati Kamsol untuk Muhammad Firdaus

id kamsol,Bupati kampar

Ini pesan Pj Bupati Kamsol untuk Muhammad Firdaus

Kamsol dan M Firdaus. (ANTARA/dok)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Penjabat Bupati Kampar Kamsol yang tinggal dua hari lagi berakhir menyampaikan pesan kepada Firdaus yang akan melanjutkan estafet pemerintahan di Kabupaten Kampar.

Jabatan Kamsol akan berakhir pada 23 Mei 2023 dan Muhammad Firdaus akan dilantik di Pekanbaru.

Masih seperti biasa, ia tetap cepat tanggap dalam menjawab setiap pertanyaan para jurnalis. Ketika ditanya bagaimana tanggapannya terhadap pergantian jabatannya, Kamsol menyampaikan dengan hati lapang dada.

"Maaf, saya terlambat membaca pesan, chating WhatsApp," katanya memulai kalimatnya, Ahad.

Meski riuh di tengah masyarakat membahas soal ini setelah beredarnya surat Direktorat Jenderal Otonomi Daerah pada 19 Mei 2023 tentang penyampaian Keputusan Menteri Dalam Negeri untuk Gubernur Riau itu tidak mempengaruhi responsnya kepada siapa saja yang berkomunikasi dengannya.

"Saya sebagai ASN senantiasa siap melaksanakan tugas sesuai dengan perintah atasan, sebagai ASN yang merupakan abdi negara dan abdi masyarakat tetap menjunjung tinggi dengan norma dan regulasi yang telah ditetapkan pemerintah. Dan saat ini sudah berakhir tugas saya sebagai Pj dan dapat melaksanakan tugas dengan baik," ujarnya kepada awak media, Ahad.

Ia mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada Firdaus untuk melanjutkan estafet pemerintahan ini satu tahun ke depan.

"Ini tugas berat menanti beliau baik dalam penyelenggaraan pemerintahan juga mensukseskan pelaksanaan pemilu, pilpres dan pilkada. Saya sangat yakin beliau seorang birokrat yang telah banyak pengalaman di pemerintahan di beberapa kepala OPD akan dapat menjalankan tugas ini sangat baik," kata dia.

Sebelumnya dalam surat Dirjen Orda itu menjelaskan ada dua surat Nomor 100.2.1.3 1178 Tahun 2023 tanggal 18 Mei 2023 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Penjabat Wali Kota Pekanbaru Provinsi Riau; dan Nomor 100.2.1.3 1179 Tahun 2023 tanggal 18 Mei 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Penjabat Bupati Kampar Provinsi Riau.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan salinan petikan Keputusan Mendagri kepada masing-masing yang bersangkutan untuk dipergunakan sebagaimana mestinya dan segera melakukan pelantikan kepada penjabat Bupati Kampar Firdaus.

Pengganti Kamsol ini adalah Kepala Biro Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau Muhammad Firdaus yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Riau.

Ketika dimintai tanggapannya Firdaus mengaku serasa mimpi dan tidak menyangka,"Saya serasa mimpi dan ndak nyangka, mohon bantu saya," ucapnya, Sabtu kemarin.

Pada pengusulan sebelumnya, nama Kamsol memang tidak pernah diusulkan oleh Gubernur Riau, kedatangan dia di Kampar di luar dugaan semua orang, sebab Gubernur hanya mengusulkan tiga nama lain. Pada hari pelantikan ia sebagai Penjabat Bupati Kampar, jabatan lamanya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau langsung digantikan oleh Asisten II Setdaprov Riau M Job Kurniawan dengan alasan agar lebih fokus bekerja sebagai Kepala Daerah.

Pada awal April lalu, nama Kamsol juga tidak diusulkan oleh Gubernur Riau, tiga nama yang diusulkan adalah Kepala Biro Kesra Provinsi Riau Zulkifli Syukur, Kepala Biro Pemerintahan dan Oronomi Daerah Muhammad Firdaus dan Staf Ahli Gubernur Riau Tengku Fauzan Tambusai. Nama Kamsol diusulkan oleh DPRD Kampar bersama mantan Sekda Kampar Yusri dan Kepala Biro Kesra Provinsi Riau Zulkifli Syukur.