Garda Oto evakuasi ratusan unit mobil di sejumlah daerah banjir

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, garda oto

Garda Oto evakuasi ratusan unit mobil di sejumlah daerah banjir

Dalam hitungan 24 jam, ratusan mobil pelanggan Garda Oto dari berbagai daerah banjir telah berhasil dievakuasi tim Garda Siaga. (Antara/Frislidia)

Pekanbaru (ANTARA) - Manejemen Asuransi Astra telah mengevakuasi sebanyak ratusan unit mobil peserta program Asuransi Garda Oto yang terjebak pada sejumlah daerah banjir di tanah air.

"Hanya dalam hitungan 24 jam, ratusan unit mobil pelanggan Garda Oto dari berbagai daerah banjir telah berhasil dievakuasi tim Garda Siaga, karena itu tidak perlu khawatir dan panik, mobil yang diasuransikan itu mendapatkan layanan secara gratis," kata Rudy Chen,

CEO Asuransi Astra kepada Antara Riau, Senin. Menurut dia, untuk mendapatkan layanan gratis, pelanggan cukup menghubungi Garda Akses 1500112 untuk meminta layanan evakuasi dari Garda Siaga, setelah itu perhatikan kembali polis pertanggungan asuransi yang dimiliki.

Ia mengatakan, apabila pemegang polis Garda Oto telah memiliki perluasan pertanggungan kerusakan mobil akibat banjir, maka dapat melaporkan klaim melalui Garda Mobile Otocare.

"Pelanggan tidak perlu langsung datang ke Garda Center atau kantor cabang untuk mengajukan klaim, karena dapat menunggu hingga kondisi lebih kondusif, yang terpenting mobil anda sudah dievakuasi dan laporan klaim sudah dibuat," katanya.

Selain itu, bagi pelanggan yang daerah rumah tinggalnya tidak mengalami banjir, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan saat curah hujan sedang tinggi. Sebisa mungkin, tetap harus menghindari menerobos genangan air, sebab klaim asuransi kendaraan dapat gugur karena kesengajaan atau memaksa menerobos banjir.

Utamakan keselamatan dalam berkendara, lebih baik hindari genangan tinggi yang hanya akan menimbulkan risiko yang semakin besar. Selain itu, tidak menunda-nunda pengajuan klaim asuransi mobil saat terjadi banjir. "Kesiap siagaan ini dibutuhkan, apalagi memasuki awal tahun, musim hujan kembali melanda hampir seluruh daerah di Indonesia.

Beberapa tempat juga sudah bersiap-siap menghadapi banjir dan dengan hujan berintensitas tinggi, tentu dapat menimbulkan banjir yang mengakibatkan berbagai bahaya tidak hanya jiwa, namun juga harta benda seperti rumah dan kendaraan bermotor," katanya.

Pada prinsipnya, asuransi itu seperti memindahkan risiko, ketika mobil sudah diperluas dengan perlindungan banjir, berarti risiko atas kerusakan akibat banjir sudah dipindahkan ke perusahaan asuransi. Tenang saja, semua akan beres dan akan diperbaiki sesuai dengan polis yang dimiliki pelanggan.

"Komitmen ini yang menjadikan Asuransi Astra sebagai asuransi mobil terpercaya selama ini," kata Rudy Chen.