Film "Cats" di ambang kerugian hingga 100 juta dolar AS

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, film cats

Film "Cats" di ambang kerugian hingga 100 juta dolar AS

Cuplikan film "Cats" (2019). (ANTARA/HO/Universal)

Jakarta (ANTARA) - Film Universal "Cats" dilaporkan menuju rugi 100 juta dolar AS, demikian menurut studio saingan Universal dilansir Variety pada Minggu (29/12).

Hingga berita ditayangkan, film besutan sutradara Tom Hooper itu baru meraup 38 juta dolar AS secara global padahal sudah dua minggu tayang di bioskop.

Baca juga: Inilah film-film "box office" terlaris selama 2019

Usai gagal di debut penayangan domestik saat Natal dengan hanya meraup 6,5 juta dolar AS, "Cats" tampaknya juga belum berhasil menarik perhatian para pencinta film.

Di hari kelima musim libur, "Cats" melorot ke No. 9 di tangga box office, mengumpulkan 8,7 juta dolar AS.

Para penonton, yang sudah termakan oleh ulasan brutal "Cats", malah memilih menonton film-film Disney seperti "Frozen 2," "Spies in Disguise," atau film apa saja yang tidak melibatkan Judi Dench, Jennifer Hudson, Taylor Swift dan Idris Elba yang berpura-pura menjadi kucing.

"Cats" menghabiskan dana produksi sampai 100 juta dolar AS ditambah 95 juta sampai 100 juta dolar untuk pemasaran di luar negeri dan ongkos distribusi.

Apalagi, kabarnya Universal merogoh kocek lagi untuk memperbaiki poster-poster film saat pemutaran perdana akhir pekan untuk mendapatkan gambar visual yang lebih baik.

Konon insiden itu akibat sang sutradara buru-buru mengejar penayangan film pada 20 Desember sampai-sampai ada sejumlah blunder saat proses editing seperti adanya tangan manusia lengkap dengan cincin kawin di karakter Dench, Old Deuteronomy.

Universal masih berharap kalau "Cats" akan panen penonton selama liburan seperti film Fox "The Greatest Showman" (2017).

Tetapi ada sedikit optimisme bahwa "Cats" akan dapat memegang layar di tahun baru, ketika pembeli tiket potensial kembali dari liburan dan kembali ke rutinitas kerja dan sekolah.

Dengan kompetisi dari para pesaing pemenang penghargaan dan semua penonton, para eksekutif di studio saingan berharap "Cats" berada di atas 30 juta dolar di AS. Sejauh ini, ia telah menghasilkan 17,8 juta dolar di Amerika Utara.

Baca juga: Kendati ikut ambil peran, James Cordon ungkap belum sempat menonton "Cats"

Baca juga: Raline Shah jadi tamu penayangan perdana film "Spies in Disguise" bareng Will Smith


Pewarta : Ida Nurcahyani