Jesus cetak trigol antar Manchester City lumat Dinamo Zagreb

id manchester city,dinamo zagreb,liga champions,gabriel jesus,phil foden,dani olmo

Jesus cetak trigol antar Manchester City lumat Dinamo Zagreb

Penyerang Manchester City Gabriel Jesus (kiri) melakukan selebrasi bersama Phil Foden usai mencetak gol ke gawang Dinamo Zagreb dalam laga pemungkas Grup C Liga Champions di Stadion Maksimir, Zagreb, Kroasia, Rabu (11/12/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Denis Lovrovic)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Brasil Gabriel Jesus mencetak trigol untuk mengantarkan Manchester City melumat Dinamo Zagreb 4-1 dalam laga terakhir Liga Champions Grup C di Stadion Maksimir, Kroasia, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Raihan tiga poin ini semakin menyempurnakan raihan The Citizens di babak penyisihan grup tanpa satu kalipun mengalami kekalahan. Dengan hasil di laga terakhir ini, City ditemani Atalanta yang juga menang 3-0 di markas Shakhtar Donetsk ke fase 16 besar.

City sempat tertinggal lebih dulu lewat gol yang dicetak Dani Olmo saat laga baru berjalan 10 menit. Namun trigol Gabriel Jesus serta diikuti satu gol Phil Foden, mengakhiri laga dengan skor 4-1 untuk kemenangan City.

Meski telah memastikan satu tiket ke babak 16 besar, City langsung bermain agresif di awal-awal laga babak pertama. Mereka selalu mengeksploitasi sisi kiri pertahanan lawan lewat kecepatan Mahrez.

Justru keasikan mengurung pertahanan Dinamo, Claudio Bravo mesti memungut bola dari dalam gawangnya terlebih dahulu pada menit ke-10. Berawal dari serangan balik, Dani Olmo sukses mengonversi umpan silang Damian Kadzior lewat sepakan voli yang tak bisa diantisipasi Bravo.

Manchester City mencoba merespon ketertinggalan. Gundogan melepaskan sepakan dari luar kotak penalti, namun sepakan pemain berpaspor Jerman itu masih mampu dipatahkan Dominik Livakovic.

Pada menit 28, Olmo hampir mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya jika saja sepakan keras di dalam kotak penalti tidak melambung tinggi.

Kerja keras yang ditampilkan City berbuah manis saat Gabriel Jesus mampu mengonversi umpan silang Mahrez lewat sundulan pada menit 34.

Gol penyama kedudukan itu sempat diprotes pemain Dinamo, sebab pasukan Guardiola meneruskan pertandingan saat ada pemain Dinamo yang terkapar. Hingga turun minum skor imbang 1-1 tetap bertahan.

Sembilan menit setelah babak kedua dimulai, The Citizens menunjukan kedigdayaannya. Gabriel Jesus menciptakan dua gol tambahan usai merobek jala gawang Dominik Livakovic pada menit 50 dan 54.

Gol keduanya dicetak lewat sontekan setelah mengelabui satu pemain Dinamo. Sementara gol ketiga Jesus dicetak lewat sepakan voli usai menerima umpan silang Benjamin Mendy di sisi kiri pertahanan tuan rumah.

Dinamo hampir memperkecil ketertinggalan lada menit ke-76. Stojanovic yang mengirim umpan lambung ke kotak penalti, disambar Olmo namun Bravo masih sigap mengamankan bola.

City justru mampu menambah keunggulan pada menit ke-84. Bernando Silva yang melakukan tusukan di sisi kanan, lalu mengirimkan umpan kepada Phil Foden yang tinggal meneruskannya jadi gol tanpa bisa dibendung kiper Zagreb.

Hingga wasit meniup peluit babak kedua berakhir skor 4-1 untuk kemenangan Manchester City atas Dinamo Zagreb tetap bertahan.

Berikut susunan pemain:

Dinamo Zagreb (4-3-3): Dominik Livakovic; Petar Stojanovic, Arijan Ademi (c), Emir Dilaver, Francois Moubandje; Amer Gojak (Lovro Majer), Nikola Moro, Dani Olmo; Damian Kadzior (Marko Gjira), Bruno Petkovic, Mislav Orsic (Hajrovic).

Pelatih: Nenad Bjelica

Manchester City (4-3-3): Claudio Bravo; Joao Cancelo, Eric Garcia, Nicolas Otamendi (Harwood-Bellis), Benjamin Mendy; Phil Foden, Rodrigo (Raheem Sterling), Ilkay Gundogan; Riyad Mahrez, Gabriel Jesus (Zinchenko), Bernardo Silva.

Pelatih: Pep Guardiola