Vlogger ANTARA bagikan tips vlogging ke praktisi humas Riau

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,humas

Vlogger ANTARA bagikan tips vlogging ke praktisi humas Riau

Vijay memaparkan tips pembuatan vlog pada 29 Humas se-Riau, di Pekanbaru, Kamis (21/11). (Muhammad Alfi/Frislidia/Antara)

Pekanbaru (ANTARA) - Pewarta muda Vijay Kantaw yang juga vlogger Antara membagikan tips vlogging kepada 29 praktisi Humas se Riau dalam acara pelatihan kehumasan dengan tema “Humas Tangguh dan Cerdas Hadapi Berita Hoax’’ yang digelar Kantor Berita Antara Biro Riau, di Hotel Grand Zury, di Pekanbaru, Kamis (21/11).

Vijay yang tampil sebagai pemateri ke-4 dalam acara ini berbagai tips vlogging atau cara membuat vlog sederhana melalui smartphone. Selain membagikan ilmu melalui teori, Vijay juga mengajak partisipan dalam kegiatan pelatihan jurnalistik ini untuk langsung membuat praktik pembuatan vlog tersebut.

"Pembuatan vlog ini sangat penting untuk para humas yang bekerja di instansi pemerintahan atau juga perusahaan. Karena vlog ini bisa dijadikan sarana untuk dokumentasi saat mengikuti sebuah kegiatan serta publikasi untuk pemerintahan mau pun perusahaan,’’ kata Vijay.

Pemberian materi pembuatan vlog ini merupakan salah satu ilmu yang diberikan selain materi menangkal hoaks dari sejumlah narasumber berkompeten seperti Panca Hari Wibowodari LKBN Antara serta Dr Erdianto Efendi yang merupakan pakar pidana Universitas Riau.

Menurut dia, di era kini masyarakat tidak membutuhkan alat canggih seperti kamera DSLR lagi untuk membuat sebuah konten video. Dengan smartphone yang kita dimiliki, sudah bisa membuat video dalam bentuk vlog yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kinerja sebagai seorang humas.

Terkait tips dan pelatihan vlogging ini, salah seorang peserta dari Diskominfo Kabupaten Indragiri Hulu, Riko mengaku senang mengikuti pelatihan ini. Sekarang, dirinya menjadi tahu jika dengan telepon genggam yang dimilikinya dirinya sudah bisa membuat konten video menarik.

Tips dan pelatihan vlogging yang diberikan Vijay menjadi bagian paling menarik dalam pelatihan kehumasan yang digelar Antara Biro Riau. Para partisipan usia 20-an ke atas itu antusias mengikuti pelatihan.

Di penghujung acara --disponsori PT RAAP, PT CPI, dan SKK Migas-- ini, dua partisipan yang berhasil membuat vlog menarik pun mendapatkan hadiah yang diberikan langsung oleh Kepala Antara Biro Riau, Riski Maruto.

"Hadiah ini bukan dilihat dari nominal besar kecilnya, tapi hadiah ini sebagai apresiasi teman-teman yang sudah antusias dan menjadi dua peserta terbaik pada pelatihan ini," kata Riski Maruto.

Baca juga: Kreatif bikin Vlog bareng pewarta muda ANTARA, begini serunya

Baca juga: ANTARA berbagi tips tangkal hoaks ke praktisi Humas Riau

Baca juga: Praktisi humas Chevron berbagi pengalaman hadapi hoaks


Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar