Dinsos Dumai Harapkan Swasta Bantu Anak Jalanan

id dinsos dumai, harapkan swasta, bantu anak jalanan

Dumai, 11/1 (ANTARA) - Dinas Sosial Kota Dumai, Riau, mengharapkan peranan perusahaan swasta di daerah ini untuk membantu mengatasi masalah anak jalanan yang setiap tahun jumlahnya semakin bertambah.

"Anggaran pemerintah uhtuk mengatasi masalah anak jalanan relatif terbatas, karena itu langkah satu-satunya adalah mengharapkan partisipasi perusahaan swasta," kata Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Pazwir, di Dumai, Selasa.

Menurut dia, anak jalanan merupakan masalah klasik yang tidak penah tuntas atau terselesaikan seratus persen. Salah satu penyebabnya adalah minimnya anggaran sehingga inovasi untuk menhgurangi jumlah anak jalanan atau anak terlantar terus terhambat.

"Sebelumnya kita mengharapkan adanya anggaran yang dialokasikan khusus untuk penanganan anak-anak jalanan, namun harapan itu tipis mengingat APBD Dumai relatif kecil," katanya.

Salah satu solusinya, kata Pazwir, mengimbau sejumlah perusahaan swasta yang ada di Dumai untuk memberikan sumbangsihnya.

Ia mengatakan, sumbangsih yang diharapkan pihaknya bisa berbentuk kegiatan bermanfaat bagi anak jalanan atau berbentuk materi yang nantinya akan digunakan untuk kepentingan anak jalanan.

"Saat ini kita sudah ada inovasi khusus anak jalanan. Inovasi tahun ini berbeda dengan sebelumnya yang dianggap kurang efektif," katanya.

Menurut dia, jika sebelumnya anak-anak jalan dipulangkan atau diserahkan kekeluarganya masing-masing, pada 2011 rencananya akan dididik keterampilan sehingga diharapkan dapat bermanfaat untuk mencari nafkah memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Wali Kota Dumai H Khairul Anwar mendukung rencana Dinas Sosial tersebut karena memang tidak ada alokasi anggaran khusus untuk anak jalanan.

"Langkah yang sama juga kita harapkan terhadap instansi atau dinas lainnya, di mana dalam penanggulangan masalah sedapat mungkin melibatkan sejumlah perusahaan swasta yang beroperasi di Kota Dumai," katanya.