Di mana Salah saat Liverpool menang mudah atas Burnley

id liverpool,burnley,liga inggris,mohamed salah,sadio mane,roberto firmino

Di mana Salah saat Liverpool menang mudah atas Burnley

Penyerang Liverpool Roberto Firmino (kiri) melakukan selebrasi bersama rekannya Fabinho usai mencetak gol ke gawang Burnley dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Burnley, Inggris, Sabtu (31/8/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Phil Noble)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool memetik kemenangan mudah di markas Burnley dengan skor 3-0 dalam laga pekan keempat Liga Inggris di Stadion Turf Moor, Minggu dini hari WIB.

Kemenangan itu dibukukan berkat gol bunuh diri Chris Wood yang disusul dua gol dari Sadio Mane dan Roberto Firmino, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil tersebut sekaligus membawa tim besutan Juergen Klopp kembali ke puncak klasemen dengan catatan sempurna 12 poin dari empat pertandingan awal musim.

Liverpool menggusur Manchester City (10) yang sempat menduduki puncak selama beberapa jam usai menang di laga lebih awal, sedangkan Burnley (4) harus rela turun ke peringkat ke-11.

Baca juga: Aguero dua gol, Man City menang telak 4-0 atas Brighton

Burnley sempat mengancam gawang Liverpool dua menit memasuki pertandingan lewat tembakan Wood menyambut umpan jauh Matthew Lowton, namun kiper Adrian San Miguel tampil sigap mengantisipasi datangnya bola.

Tiga menit berselang giliran kiper Nick Pope yang melakukan penyelamatan atas tembakan Mohamed Salah dengan tepisan tipisnya untuk membelokkan arah bola ke tiang gawang.

Salah hampir membuka keunggulan Liverpool pada menit ke-21 ketika menyeruak masuk ke dalam kotak penalti namun bola yang berusaha dihalau Pope memantul ke kaki penyerang Mesir itu dan mengarah ke samping gawang.

Liverpool akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-33 saat Trent Alexander-Arnold berusaha melepaskan umpan silang namun bola mengenai belakang kepala Wood sehingga melambung dan arahnya mengecoh Pope hingga bersarang ke gawang Burnley.

Hanya empat menit berselang, berawal dari kesalahan umpan James Tarkowski, Firmino merebut bola sebelum mengirimkan umpan terobosan kepada Mane yang berlari untuk mencetak gol ke area tiang jauh.

Keunggulan itu bertahan hingga turun minum dan Liverpool terus mendominasi permainan pada babak kedua.

Baca juga: Jurgen Klopp kaget dengan permainan Arsenal

Pada menit ke-60, Alexander-Arnold melepaskan umpan yang diterima Salah di dalam kotak penalti, namun ia dengan egois memilih untuk mencoba melakukan penyelesaian sendiri kendati Mane berdiri dalam posisi aman dan bebas kawalan, sehingga peluang terbuang percuma.

Firmino, yang pekan lalu melakukan trik untuk mengecoh gelandang Arsenal Dani Ceballos, kembali berusaha melakukan aksi menawan dengan tendangan akrobatik saat menyambut umpan lambung Jordan Henderson, sayang bolanya berhasil dihalau Ben Mee pada menit ke-64.

Legiun Brasil itu akhirnya mencetak gol ketiga Liverpool pada menit ke-80, saat ia dengan cermat menyambar bola yang hampir lepas dari penguasaan Salah demi memperbesar keunggulan tim tamu 3-0.

Lima menit sesudahnya Klopp melakukan pergantian ganda yakni Mane dan Firmino ditarik keluar digantikan Divock Origi dan Xherdan Shaqiri. Mane terlihat tak puas dengan keputusan itu dan tersorot kamera tengah menggerutu menuju bangku cadangan.

Semenit jelang waktu normal berakhir, Adrian sukses memastikan gawang Liverpool tak kebobolan di laga itu ketika ia berhasil menghalau peluang Jay Rodriguez dalam situasi satu lawan satu.

Sebaliknya, Pope juga meminimalisir dampak kekalahan Burnley ketika ia berhasil mengamankan bola dari upaya Georginio Wijnaldum di dalam kotak penalti.

Baca juga: Chelsea ditahan imbang Sheffield akibat gol bunuh diri Zouma

Baca juga: Daniel James cetak gol cantik, tapi MU ditahan imbang Southampton

Susunan pemain:

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Aaron Lennon, Jack Cork, Ashley Westwood, Dwight McNeil; Ashley Barnes (Jay Rodriguez), Chris Wood

Pelatih: Sean Dyche

Liverpool (4-3-3): Adrian; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Joel Matip, Andrew Robertson; Jordan Henderson (Alex Oxlade-Chamberlain), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino (Xherdan Shaqiri), Sadio Mane (Divock Origi)

Pelatih: Juergen Klopp
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar