Para nelayan Karawang dapat "untung" dari tumpahan minyak Pertamina

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara

Para nelayan Karawang dapat "untung" dari tumpahan minyak Pertamina

Nelayan Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi direkrut sebagai tenaga kebersihan tumpahan minyak Pertamina Hulu Energi (ANTARA/Pradita Kurniawan Syah)

Karawang (ANTARA) - Dinas Perikanan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan para nelayan meraup untung besar atas peristiwa tumpahnya minyak mentah milik Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) di perairan utara Karawang.

Sekretaris Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karawang, Abu Bukhori, di Karawang, Jawa Barat, mengatakan sejak sebulan terakhir sebenarnya kondisi ombak laut besar, karena musim angin barat.

Baca juga: KKP tertibkan enam rumpon milik nelayan Filipina

"Sudah rutin setiap tahun, tepatnya setiap Juli-Agustus, musim angin barat. Di musim ini nelayan banyak yang menganggur atau tidak melaut, karena tangkapan minim," katanya saat dihubungi Antara.

Ia mengatakan pada musim angin barat ini muncul peristiwa tumpahan minyak mentah Pertamina di perairan Karawang. Jadi, lanjut dia, jika dikaitkan dengan produktivitas ikan tangkap, itu tidak akan berpengaruh.

"Artinya, ada atau tidak peristiwa tumpahnya minyak mentah, tangkapan ikan nelayan pada Juli-Agustus tetap minim. Sebab selama kurun waktu itu musim barat, di mana pada musim tersebut tangkapan ikan minim," katanya.

Menurut dia, justru peristiwa tumpahan minyak mentah Pertamina di perairan utara Karawang membawa "berkah" bagi nelayan setempat. Akibat peristiwa itu, para nelayan bisa mendapatkan pekerjaan dari Pertamina.

Jenis pekerjaannya, kata Abu, mereka ikut terlibat dalam kegiatan pembersihan limbah minyak di area bibir pantai utara wilayah Karawang.

Dengan terlibat membersihkan limbah minyak di area bibir pantai, nelayan mendapatkan honor dari Pertamina sebesar Rp100.000 serta uang makan per hari.

Belum lagi nelayan yang ikut mengumpulkan limbah minyak di sekitar perairan utara Karawang dengan menggunakan kapalnya, bisa mendapat bayaran dari Pertamina Rp1.500.000-Rp1.700.000 per hari.

Jadi, katanya, para nelayan di Karawang yang jumlahnya sekitar 1.500 orang itu meraup untung dengan adanya peristiwa tersebut. Sebab biasanya, nelayan di Karawang tidak melaut saat musim angin barat.

Baca juga: Ribuan nelayan Cilacap tidak melaut karena tinggi gelombang capai enam meter

Baca juga: Nelayan Riau hilang setelah tersambar petir, Tim SAR lakukan pencarian


Pewarta: M.Ali Khumaini