Mayoritas Penularan HIV/AIDS Melalui Jarum Suntik

id mayoritas penularan, hivaids melalui, jarum suntik

Pekanbaru, 29/11(ANTARA)- Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Dahril Darwis, di Pekanbaru, Senin, mengatakan 70 persen penularan virus HIV/AIDS melalui jarum suntik.

"Mayoritas penularan virus melalui jarum suntik khususnya yang digunakan untuk narkoba. Baru kemudian, 29 persen lainnya melalui seks bebas dan menyimpang dan sisanya disebabkan penyebab lainnya seperti keturunan," ujarnya.

Ia menyebutkan rata-rata penderita HIV/AIDS tersebut berusia 20-39 tahun yang merupakan usia produktif yang gampang sekali tertular virus mematikan tersebut. Saat ini di Pekanbaru terdapat 266 penderita HIV/AIDS. Sedangkan yang positif terjangkit AIDS hanya 164.

"Mayoritas mereka adalah ibu rumah tangga, pekerja swasta maupun pegawai negeri dan mahasiswa ataupun pelajar," jelasnya.

Dahril menambahkan, penyebaran HIV/AIDS bukan semata-mata masalah kesehatan, tetapi juga sosial, ekonomi dan budaya hingga aspek agama, hukum dan politik, sehingga sangat membutuhan pemahaman mendalam dan partisipasi masyarakat.

"Tujuan utama dalam peringatan hari AIDS sedunia ini adalah mengedukasi dan menyadarkan masyarakat agar jangan ada penambahan infeksi, sedangkan yang sudah terinfeksi bisa hidup layak dan mendapat perlakuan yang setara," sebutnya.

Mengingat penyakit tersebut terus meningkat, maka untuk Kota Pekanbaru telah mengadakan Voluntary Counseling and Testing (VCT) di tiga Puskesmas. Alat ini perlu untuk pemeriksaan secara intensif terhadap mereka yang rentan HIV/AIDS guna meminimalisasi penularan, karena penyakit tersebut tidak mudah untuk diketahui dan disembuhkan.

"Salah satunya "screening" merupakan upaya pencegahan yang lebih bermanfaat agar virus HIV/AIDS di Pekanbaru tidak meluas. Selain itu, bagi yang ingin memeriksakan diri secara suka rela, tidak dibebankan biaya," ungkap Dahril.

Selain itu, pihaknya bekerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Pekanbaru, memperingati hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember dengan melakukan serangkaian acara peringatan hari AIDS sedunia yang di pusatkan di Bundaran Air Mancur depan Kantor Wali Kota Pekanbaru.

"Peringatan Hari AIDS tahun ini, sama seperti tahun lalu dan dipusatkan di Bundaran Air Mancur depan Kantor Wali Kota Pekanbaru, tanggal 1 Desember. Untuk penyelenggaraan tahun ini, yakni Dinas Pendidikan (Disdik) dengan sub tema 'Peningakatan Hak dan Akses Pendidikan untuk Semua," tutup Dahril.