TNI tanamkan jiwa patriotisme kepada ratusan Pramuka Saka Wira Kartika

id TNI, TMMD, Kampar, Riau

TNI tanamkan jiwa patriotisme kepada ratusan Pramuka Saka Wira Kartika

Prajurit TNI Komando Distrik Militer 0313/KPR Kabupaten Kampar menanamkan wawasan kebangsaan dan jiwa patriotisme kepada ratusan peserta perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika yang diselenggarakan di objek Wisata Danau, Kabupaten Kampar, Riau, Minggu (21/7). (Penrem 031/WB/HO-Antaranews)

Pekanbaru (ANTARA) - Prajurit TNI dari satuan Komando Distrik Militer 0313/KPR Kabupaten Kampar menanamkan wawasan kebangsaan dan jiwa patriotisme kepada ratusan peserta perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika yang diselenggarakan di objek Wisata Danau, Kabupaten Kampar, Riau.

"Kegiatan ini untuk menanamkan disiplin, patriotisme dan bela negara serta mempunyai wawasan kebangsaan yang luas kepada para siswa," kata Komandan Rayon Militer 08/Tandun Kapten Inf Saiful Arif yang menjadi penanggung jawab kegiatan tersebut di Kabupaten Kampar, Minggu.

Kegiatan perkemahan yang berlangsung sejak medio pekan ini sendiri resmi ditutup hari ini. Kegiatan itu diikuti sekitar 700 siswa Pramuka yang berlangsung di Rusa Kelurahan Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau resmi ditutup, Minggu.

Selain menanamkan jiwa patriotisme, Saiful mengatakan kegiatan tersebut juga menjadi ajang promosi, terutama memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan cantiknya pesona Danau Rusa dan Puncak Kompe.

"Melalui kegiatan ini saya harapkan adik-adik Pramuka bisa lebih mengenalkan objek wisata ini kepada masyarakat luas, sehingga bisa lebih dikenal oleh wisatawan lokal maupun asing," katanya.

Sejak awal, kegiatan perkemahan Pramuka Saka Wira Kartika Komando Distrik 0313/KPR itu memang mengusung konsep wisata dan budaya yang berlokasi di objek wisata Danau Rusa.

Kegiatan perkemahan melibatkan prajurit TNI yang tengah melaksanakan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang berlangsung di wilayah Komando Distrik 0313/KPR Kampar.

Kegiatan tersebut diisi dengan beragam kegiatan, mulai penanaman pohon Durian, Mahoni, dan Ketapang, menanamkan jiwa bela negara hingga cara bertahan dengan memanfaatkan kompas saat di area yang terisolasi.

TMMD di Kampar akan berlangsung selama sebulan mendatang, dengan fokus pada pembangunan fisik desa terpencil serta sumber daya manusia (SDM) setempat hingga pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar