Enam Pasangan Calon Ikuti Pilkada Rohul

id enam pasangan, calon ikuti, pilkada rohul

Pasir Pengaraian, Riau, 13/11 (ANTARA) - Enam pasangan calon bupati dan wakil bupati diperkirakan akan mengikuti pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau.

Kepastian mengenai hal itu disampaikan Ketua KPU Rokan Hulu (Rohul), Jonnaidi Dasa kepada ANTARA, Sabtu. Pihaknya secara resmi telah menerima penyerahan berkas pendaftaran dari enam pasangan bakal calon hingga batas terakhir pendaftaran.

"Hingga batas akhir masa pendaftaran tadi malam pukul 24.00 WIB, terdapat enam balon yang telah mendaftar untuk 'berlaga' dalam pilkada, 16 Februari 2011 mendatang," katanya.

Ia mengatakan, pasangan calon yang sudah mendaftar di antaranya Zulkifli dan Muzawir yang didukung 13 partai non parlemen, Achmad dan Hafith Sukri diusung oleh PKS, PKNU, PBR, PPP dan PPRN, Sukiman dan Arisman diusung oleh Partai Demokrat dan Hanura.

Pasangan bakal calon Suparman dan Hamulian yang diusung oleh Partai Golkar, Joni Irwan dan Daswanto didukung oleh Partai Bulan Bintang (PBB), PDI, PPRN dan PPPI.

Sedangkan pasangan Tedy Mirzadal dan Damsir Ali maju melalui jalur perseorangan.

Sesuai dengan ketentuan dan tahapan yang ada, KPU Rohul masih memeriksa dan akan mengumumkan kelengkapan persyaratan pencalonan pada 16 Desember 2010.

Setelah itu, pihaknya akan membuat penetapan bakal calon menjadi calon pada 17 Desember 2010 untuk menetapkan pasangan cabup/cawabup yang berhak mengikuti pilkada.

"Pada sekitar 17 hingga 19 Desember itu akan dilakukan penetapan bakal calon menjadi calon, penetuan nomor urut dan pengumuman secara resmi pasangan calon yang akan maju dalam pilkda mendatang," katanya.

Seorang calon pasangan wakil bupati, Daswanto mengaku, pihaknya akan berupaya secepatnya menyelesaikan segala hal yang berkaitan dengan persiapan pencalonan.

"Kami juga rencannya akan mendapat tambahan dukungan dari satu partai lagi, ini membuktikan pasangan kami lebih diperitungkan," ujarnya.

Ia menjelaskan, partai yang akan bergabung adalah Partai Amanat Nasional (PAN). Kata dia, info dukungan dari PAN itu berasal dari surat DPP PAN Nomor PAN/A/WKU-SK/118/XI/2010 untuk mendukung Joni Irwan dan Daswanto.

Menurut dia, surat itu resmi karena telah ditandatangani oleh Wakil Ketua Umum DPP PAN Drajath Wibowo dan Sekjen Taufik Kurniawan.