Ini wilayah potensial PKS Riau untuk Pilkada 2020

id PKS,pilkada 2020

Ini wilayah potensial PKS Riau untuk Pilkada 2020

Markarius Anwar (dok Antarariau/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Riau menyatakan optimis menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020 mendatang di sejumlah daerah di provinsi ini.

Bendahara PKS Riau Markarius Anwar di Pekanbaru, Kamis, mengatakan hal itu sesuai arahan DPP PKS,untuk memrioritaskan kader-kader terbaiknya untuk maju di Pilkada2010. Mengingat, hasil pemilihan legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 lalu, partai berlambang sabit kembar dan kapas ini meraih hasil yang cukup memuaskan.

"Hasil pileg lalu PKS berhasil mendapatkan kursi dua kali lipat. Apalagi, di Kabupaten Bengkalis dan Kota Pekanbaru dapat pimpinan DPRD. Sehingga kita cukup optimis mengusung kader sendiri di daerah-daerah yang potensial," kata Markarius yang juga merupakan Anggota Komisi IV DPRDProvinsi Riau itu.

Meskipun akan mengusung kader internal, pihaknya tetap akan melakukan lobi-lobi dengan partai politik (parpol) lain. Mengingat, setiap parpol tidak bisa menjadi perahu tunggal bagi bakal calon kepala daerah.

"Karena kita tidak mungkin maju sendiri,DPC di daerah juga ditugaskan untuk berkomunikasi dengan parpol lain," sebutnya.

Sementara itu, Pilkada 2020 di Provinsi Riau akan berlangsung di sembilan daerah yakni Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, KabupatenRokan Hulu (Rohul), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kabupaten Siak dan Kota Dumai.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Provinsi Riau menyebutkan berdasarkan rekapitulasi internal partai, perolehan suara PKS tertinggi di Riau dengan capaian sekitar 21 persen suara.Naiknya perolehan suara partai tersebut, membuat PKS diperkirakan kebagian lima kursi untuk DPR RI dapil Riau dan 14 kursi untuk DPRDProvinsi Riau.