Kemenangan Jokowi-Amin di MK tak diragukan, siapkan pengacara tangguh dan berpengalaman

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara, pilpres 2019, Pemilu 2019, Jokowi maaruf amin, Joko widodo, Prabowo sandiaga, prabowo subian

Kemenangan Jokowi-Amin di MK tak diragukan, siapkan pengacara tangguh dan berpengalaman

Johanes Tuba Helan. (ANTARA FOTO/Bernadus Tokan)

Kupang (ANTARA) - Pengamat hukum tata negara dari Universitas Nusa Cendana Kupang, Dr. Johanes Tuba Helan mengatakan, tidak meragukan lagi kemenangan Jokowi-Amin dalam persidangan di Mahkamah Konstitusi karena perbedaan perolehan suara dalam Pilpres sangat signifikan.

"Saya pikir soal kemenangan tidak diragukan lagi, karena perbedaan perolehan suara cukup banyak, tetapi pengacara yang disiapkan harus yang tangguh dan berpengalaman," kata Johanes Tuba Helan kepada Antara di Kupang, Senin.

Baca juga: Jokowi tunggu penghitungan KPU, Prabowo deklarasi kemenangan lagi

Dia mengemukakan hal itu, ketika diminta pandangan seputar keraguan dari tim Kampanye Nasional (TKN) terhadap para pengacara yang akan membela Jokowi-Ma'ruf Amin di MK nanti.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Ruhut Sitompul menyoroti sejumlah nama yang masuk dalam tim hukum paslon nomor urut 01 dalam menangani sengketa pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi.

Ruhut mengatakan, beberapa dari mereka pernah membela Prabowo dalam sengketa pilpres tahun 2014 di MK juga.

"Sebagian dari mereka itu lawyer-lawyer Pak Prabowo tahun 2014. Jangan main-main lho, siapa yang bisa jamin mereka nanti enggak aneh-aneh," ujar Ruhut.

Menurut Johanes Tuba Helan, soal kemenangan pasangan calon nomor urut 01 memang sudah tidak diragukan lagi karena adanya perbedaan perolehan suara yang signifikan, tetapi dalam sebuah perkara harus mampu berargumentasi.

Selain mampu menangkis berbagai serangan dari pihak lawan dalam forum persidangan.

Karena itu, perlu menyiapkan pengacara yang tangguh dan berpengalaman, agar tidak memalukan dalam persidangan, kata Johanes Tuba Helan menambahkan.

Baca juga: Masyarakat Rohul gelar zikir doakan kemenangan Jokowi-Ma'aruf Amin

Baca juga: Rayakan kemenangan Jokowi-Amin, puluhan kader PDIP cukur gundul


Pewarta: Bernadus Tokan