Satgas Rafi Pertamina siagakan kebutuhan BBM sambut Ramadhan

id Bbm,pertamina

Satgas Rafi Pertamina siagakan kebutuhan BBM sambut Ramadhan

Pertamina menyiapkan pasokan BBM selama Ramadhan. (dok Antarariau/19)

Pekanbaru (ANTARA) - Satuan tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas Rafi) Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, mulai siaga menyiapkan kebutuhan BBM, elpiji dan avtur, guna antisipasi lonjakan permintaan menjelang arus mudik.

Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo, di Pekanbaru, Jumat, memprediksi akan ada kenaikan kebutuhan BBM dan elpiji sambut Ramadhan dan Idul Fitri 1440 H. Sementara untuk avtur masih terdampak penurunan jumlah penerbangan.

"Kami memprediksi kenaikan kebutuhan BBM minyak di Riau sebesar 12 persen. Sementara kebutuhan bahan bakar solar diprediksi turun 16 persen, sebagai dampak pembatasan operasional kendaraan industri," kata Roby.

Menurut Roby konsumsi premium diperkirakan meningkat 14 persen, atau sebesar 2.398 Kilo Liter (KL) per hari. Sementara konsumsi BBM berkualitas yaitu Pertamax, Pertalite dan Pertamax Turbo diprediksi turut meningkat masing-masing sebesar 207 persen, 19 persen dan 5 persen.

Untuk kategori bahan bakar diesel, konsumsi biosolar diestimasi turun 13 persen. Sebaliknya, Pertamina Dex meningkat hingga 156 persen.

"Untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi, kami menyiapkan SPBU kantong di 8 lokasi. Satu di antaranya di Riau yaitu di SPBUKampar," imbuh Roby.

Pihaknya juga menginstruksikan kepada SPBU di jalur mudik untuk menambah stok BBM terutama jenis Premium, Pertalite dan Pertamax, serta untuk beroperasi selama 24 jam.

Baca juga: Pertamina: Konsumsi BBM Sumbagut Melonjak Jelang Lebaran

Baca juga: Lebaran ini Pertamina Perkirakan Lonjakan Permintaan BBM di Riau 10-20 Persen