Jelang RiauFest 2019, begini antusiasnya Warga Kampung Bandar

id Riau Festival 2019,RiauFest 2019,kampung bandar pekanbaru,pekanbaru heritage,berita riau terbaru,berita riau antara,berita riau terkini

Jelang RiauFest 2019, begini antusiasnya Warga Kampung Bandar

Warga Kampung Bandar antusias menjelaskan manfaat Riau Festival 2019 yang berlokasi di daerah itu. (Foto PHW)

Pekanbaru (ANTARA) - Sejumlah warga Kampung Bandar, daerah kota tuanya Kota Pekanbaru, Riau, mengaku antusias menyambut penyelenggaraan Riau Festival atau “RiauFest 2019” yang akan berlangsung pada 11 April 2019.

“Alhamdulillah, respon dari masyarakat ada, diterima dengan mantap. Jadi aktivitas anak-anak disalurkan ke sana mereka menggambar dan mengecat rumah warga,” kata warga Kampung Bandar, Afridal, Selasa.

Baca juga: Kampung Bandar, kota tuanya Pekanbaru, mulai "bersolek" untuk Riau Festival 2019

Pak Itam, yang juga warga Kampung Bandar, mengatakan berkat penyelenggaraan Riau Festival terasa manfaatnya untuk warga setempat. Daerah kota tua itu kini terlihat lebih rapi dan penuh warga.

“Senang karena nampak bersih, rapi jadinya. Saya bilang dinding (rumah) bapak dicat saja, sekarang jadi nampak semarak Kampung Bandar ini,” katanya.

Ada kebanggaan bagi warga setempat karena daerah itu menjadi lokasi Riau Festival karena rumah-rumah tua yang mulai rusak jadi diperbaiki.

“Kemarin nampak jelek sekali, nampak kayunya lapuk-lapuk. Sekarang nampak bersih, senang dan bangga jadinya karena ada gambar-gambar adat Melayu,” kata Pak Itam.

Seorang warga lainnya, Mak Uwo, menambahkan warga senang karena rumah mereka jadi terlihat rapi dan indah. Rumah tuanya kini sudah dicat dari muka sampai belakang dengan indah.

“Apalagi bentar lagi bulan puasa (Ramadan), orang datang cat rumah kita tentu senang,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia RiauFest 2019 dari Komunitas Pekanbaru Heritage Walk (PHW), Mike Agnesia Kemilau, mengatakan Riau Festival adalah acara yang menggabungkan wisata budaya atau heritage dengan pendekatan modern yang bisa diterima anak muda generasi milenial.

“Riau Festival tujuannya adalah membuat creator muda melihat dan mau mengembangkan heritage Pekanbaru dan Melayu dari kacamata mereka sendiri,” katanya.

Rangkaian festival itu melibatkan warga setempat dan berbagai komunitas. Pekanbaru Heritage sebagai pelaksana RiauFest memilih lokasi Kampung Bandar karena daerah itu punya nilai sejarah tinggi sebagai cikal bakal Kota Pekanbaru sekarang.

Mike menjelaskan, RiauFest memadukan heritage dengan musik, seni tradisional dan dikemas secara milenial. Festival itu unik karena menyatukan banyak elemen sejarah dan modern. Sebanyak tujuh komunitas mural di Pekanbaru juga ikut berkolaborasi dengan PHW dalam rangkaian RiauFest 2019. Komunitas tersebut antara lain Doodleart Pekanbaru, Kumaga, Komik Riau, Sikari, Hikaru, Urban Sketchers Pekanbaru, dan Peviart.

Seniman mural pada Selasa ini juga mulai membuat mural di area seluas 1.000 meter persegi di dermaga tua Pelindo1 yang juga menjadi lokasi penyelenggaraan RiauFest.

Pengunjung RiauFest pada 11 April nanti akan diawali dengan “Jelajah Kampung Bandar”. Panitia akan mengajak pengunjung untuk menelusuri kembali jejak sejarah Kota Pekanbaru yang terasa kental peninggalan arsitekturnya di area sepanjang tepian Sungai Siak.

Rute Jelajah Kampung Bandar ada sejumlah pemberhentian (check point) , antara lain Rumah Singgah Sultan Siak, Rumah Tinggi (Rumah Tenun), Bandar Mural, Cerita Kampung Bandar, Massive Ground Mural Painting, Pusat Kuliner (sajian kuliner dan Nuansa Nostalgia), dan Pentas Kreatif Melayu.

Bandar Mural, lanjut Mike, merupakan reruntuhan bekas kebakaran yang akan menjadi bagian dari instalasi 144 karya seni yang dipajang di sana. Pada saat acara berlangsung akan dilaksanakan jamuan masakan khas tradisional, yang akan diadakan di Pusat Kuliner.

Area pentas kreatif Melayu untuk penampilan musik dan hiburan lainnya akan berlokasi di area pelabuhan tua Pelindo1. Panggung berkonsep terbuka itu akan menampilkan Freza and Friends, Wan Dance Studio, dan bintang utamanya Geliga Jazz featuring Bintang Indrianto, Kadek Rihardika (Fusionstuff), dan Bonita (Bonita & the Hus Band).

“Selain itu, akan ada banyak doorprize untuk pengunjung yang hadir di RiauFest 2019,” katanya.

Baca juga: Meski pecahkan Rekor MURI, Wisatawan Festival Perang Air 2019 Menurun

Baca juga: Cetak Rekor Muri, 54.000 Milenial Semarak Kampanye Lalulintas Polda Riau