Steve Aoki Sebut BTS Perlihatkan Potensi Asia Pada Dunia

id steve aoki, sebut bts, perlihatkan potensi, asia pada dunia

Jakarta (Antarariau.com) - Musisi Jepang-Amerika Steve Aoki mengatakan boy band K-pop BTS telah sukses mendemonstrasikan potensi besar artis-artis Asia pada dunia.

"Sama seperti aktor (China-Amerika) Bruce Lee yang menguasai dunia 50 tahun lalu, BTS mendobrak batas budaya. Mereka mewakili Asia, di mana mereka hanya menyanyikan lagu dalam bahasa Korea dan mendemonstrasikan potensi Asia," kata Aoki dalam wawancara tertulis dengan media-media Korea, yang didistribusikan Sony Music dalam bahasa Korea.

Dikutip dari kantor berita Yonhap, DJ 41 tahun baru merilis lagu baru "Waste It on Me" bersama BTS pekan lalu, kolaborasi ketiga mereka setelah versi remix lagu populer BTS "MIC Drop" dan "The Truth Untold", lagu dari album BTS "Love Yourself: Tear".

Aoki mengaku menikmati kerjasama dengan BTS untuk ketiga kalinya.

"Saya pertama kali bertemu BTS sekitar Mei 2017. Mereka sudah mulai membuat perubahan besar pada dunia... Saya mengundang mereka ke rumah dan menjadi akrab," kata dia, menambahkan undangan itu jadi awal dari kolaborasi pertama mereka dalam "MIC Drop."

Saat ia menerima rekaman suara BTS "Waste It on Me", suara-suara BTS sangat indah sehingga Aoki tidak mau memodifikasinya sedikit pun.

"Ketika saya bekerja dengan seniman lain, saya harus membuat perubahan di sana-sini juga memberi umpan balik. Tapi dengan BTS, saya tidak mau mengubah suara mereka."

Aoki mengatakan kesuksesan kolaborasi pertama mereka, "MIC Drop", itu mencengangkan. BTS baru-baru ini sukses menggelar tur "Love Yourself" di Amerika dan Eropa yang laku keras, sebuah rekor sejarah di mana penyanyi berbahasa Inggris belum bisa mencapainya, kata dia.

"Itu adalah rekaman yang masih terlihat bersejarah meski dilihat 20 tahun dari sekarang," katanya. "Saya bersyukur bisa bersama mereka dalam proses untuk membuat Asia berpotensi merajai (budaya) arus utama."

Kesuksesan sensasional BTS di dunia menciptakan mimpi dan harapan, terutama untuk orang-orang Asia, bahwa "bila kau terus bekerja keras, kau akan menuai hasilnya," ujar dia.

Selain BTS, sang DJ juga mengatakan ingin bekerja dengan musisi K-pop lain, termasuk Monsta X dan CL.

Pewarta :
Editor: Antara
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar