500 Geolog Akan Hadiri Pertemuan Ilmiah tahunan di Pekanbaru

id 500 geolog, akan hadiri, pertemuan ilmiah, tahunan di pekanbaru

500 Geolog Akan Hadiri Pertemuan Ilmiah tahunan di Pekanbaru

Antara Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sekitar 500 geolog dari Indonesia dan mancanegara akan menghadiri helat yang digelar Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) pada Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-47 di Kota Pekanbaru, Riau, pada 29 Oktober hingga 1 November 2018.

Berdasarkan siaran pers yang diperoleh Antara di Pekanbaru, Sabtu, pertemuan ilmiah tersebut akan mengangkat tema "Sustainable Management of Natural Resources and Environment for Indonesia". Ini akan menjadi kedua kalinya Kota Pekanbaru menjadi tuan rumah acara yang disingkat sebagai PIT IAGI tersebut.

Panitia menyatakan acara tersebut akan dihadiri oleh pejabat tinggi dari pemerintah pusat, Menteri PUPR, Wamen ESDM, Kepala BMKG, Kepala BNPB dan Kepala Badan Restorasi Gambut. Diharapkan dari pertemuan itu akan melanjutkan penelitian dan pemetaan potensi-potensi alam Riau yang bisa dikembangkan.

Sederet nama pembicara dari kalangan profesional dan praktisi akan mengisi diskusi panel, diantaranya Dirut Inalum, Dirut PLN, Dirut Perumbas, Presdir Pertamina EP, BUpati Siak, GUbernur Riau, Kepala BNPB dan Kepala BRG. Selain itu ada juga ahli geologi yang dipastikan hadir yakni Dr Udrekh dari BPPT, Ketua Tim Peneliti Dr Widjo Kongko, Peneliti Yudi Prabangkara, Wisnu Widjaya dari BNPB, Haryadi Permana dari LIPI dan lainnya.

Selain itu, pada acara tersebut juga akan diluncurkan Geowisata Ulu Kasok-Gulamo di Kabupaten Kampar, bedah buku SKK Migas dan beberapa wkrshop dari perusahaan-perusahaan.

Ketua IAGI Pengda Riau, Irdas mengatakan, pertemuan itu diharapkan menghasilkan kontribusi untuk pengembangan sumber daya alam dan ekonomi praktis di Riau secara khusus.

"Potensi-potensi geologi di Riau harus bisa dieksplorasi secara maksimal dan diinventarisasi dengan pengelolaan database yang baik," katanya.

Dengan begitu, ia berharap ke depan IAGI Pengda Riau mampu berperan dalam pengelolaan sumber daya geologi Riau, sehingga membantu Riau menjadi daerah mandiri energi.

Koordinator EOR, Multihadi menambahkan, adanya salah satu program kepedulian IAGI dalam meningkatkan dunia pendidikan dan memperkenalkan ilmu geologi kepada siswa dan siswi di Riau. Acara itu akan berupa IAGI Goes to School pada 22 Oktober 2018.

"Nantinya akan diikuti seluruh siswa-siswi SMA se Pekanbaru dan puncaknya adanya Earth Olympic of Riau, Kompetisi Geologi tingkat SMA yang akan diikuti se-Pekanbaru pada 28 Oktober 2018," katanya.

Diharapkan dengan adanya program ini akan meningkatkan pengetahuan generasi muda tentang geologi sehingga menimbulkan ketertarikan untuk memperdalam ilmu tersebut di pendidikan yang lebih lanjut.