Satgas Dumai Dinginkan Tiga Titik Api Karlahut

id satgas dumai, dinginkan tiga, titik api karlahut

Satgas Dumai Dinginkan Tiga Titik Api Karlahut

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Lahan Hutan (Karlahut) Kota Dumai terus bekerja keras melakukan pemadaman dan pendinginan di tiga lokasi titik api tersebar di sejumlah kelurahan agar tidak ada kemunculan kabut asap tebal.

Komandan Satgas Karlahut Dumai, Letkol (Inf) Horas Sitinjak di Dumai, Selasa, mengatakan, tim gabungan terdiri TNI Polri, BPBD dan masyarakat peduli api berhasil kendalikan kebakaran lahan hutan sehingga tidak berdampak kabut asap.

"Hingga kini masih dilakukan pemadaman dan pendinginan oleh tim gabungan dan masyarakat peduli dan ikut membantu," tambahnya.

Menurutnya meski kejadian karlahut tidak menimbulkan efek kabut asap tebal, namun melihat luasnya lahan terbakar menjadi peringatan keras bagi masyarakat agar tidak melakukan pembakaran.

Satgas Karlahut Dumai mencatat terdapat 390,25 hektare lahan hutan terbakar periode Januari hingga Agustus 2018, dan masyarakat dihimbau agar tidak membakar saat membuka lahan.

"Kondisi cuaca dumai saat ini panas dan minim curah hujan, karena itu diimbau agar masyarakat dan semua pihak tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan," lanjutnya.

Menurutnya, upaya pemadaman karlahut oleh tim gabungan di tiga titik api tersebar di Kelurahan Lubuk Gaung, Kelurahan Bagan Keladi, Kelurahan Mundam dan Kelurahan Bukit Batrem dengan luasan terbakar 8,9 hektare.

Letkol Horas yang juga Komandan Kodim 0320 Dumai ini menyatakan, upaya pemadaman dilakukan dari udara dan darat, namun tetap ada kendala yaitui terbatasnya peralatan dan sumber air.

"Lahan terbakar di dumai sebagian besar lahan gambut milik warga, dan kendala pemadaman dialami petugas di lapangan menjadi tantangan sendiri bagi tim satgas," terang Dandim 0320 Dumai.

Data BMKG, terdeteksi empat titik panas di Kota Dumai, dan salah satu berada di Kecamatan Dumai Barat, petugas harus menyusuri jalan pemukiman warga untuk memadamkan api di lahan berada di tepi kanal.

Kepala BPBD Dumai Tengku Izmet mengaku personel sudah berada di lokasi dan bergabung bersama tim satgas untuk memadamkan lahan terbakar.

"Petugas sudah di lokasi untuk melakukan pemadaman," kata Ismet.