Dua Ribu Warga Meriahkan Pawai Obor Bengkalis

id dua ribu, warga meriahkan, pawai obor bengkalis

Dua Ribu Warga Meriahkan Pawai Obor Bengkalis

Antara Foto

Bengkalis, (Antarariau.com) - Sekitar dua ribu warga Bengkalis dari kalangan masyarakat, akan memeriahkan pawai obor dalam menyambut Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia.

"Sekitar 2.000 peserta akan turun menyemarakkan pawai obor di Bengkalis, acara tersebut dijadwalkan pada 16 Agustus 2018 sekitar pukul 19.30 WIB," ujar Ketua Seksi Persiapan Pawai Obor Yuhelmi di Bengkalis, Senin.

Dikatakan Yuhelmi yang juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis, bahwa peserta pawai obor terdiri atas pegawai di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Bengkalis, organisasi pemuda, satuan Polisi Pamong Praja, instansi vertikal (TNI dan Polri), dan utusan perbankan.

Kemudian Politeknik Bengkalis, STAIN Bengkalis, STIE Bengkalis, dan AKN. Ada juga peserta SMA dan SMK serta guru pendamping dibawah Kementerian Agama.

"Untuk peserta dari Sekolah Dasar yang ikut hanya berada di Kecamatan Bengkalis khusus kelas enam dengan didampingi satu orang guru," terang Yuhelmi.

Diharapkan Yuhelmi, untuk pakaian yang akan dikenakan pada saat pawai, mengunakan pakaian organisasi, seragam PDH, seragam sekolah, dan jaket almamater sesuai kampusnya masing-masing.

"Untuk perlengkapan pawai masing-masing peserta membawa obor dan ikat kepala merah putih," kata Yuhelmi.

Yuhelmi juga meminta kepada Pemkab Bengkalis untuk menyediakan mobil Damkar dan Ambulance mengingat pesertanya cukup banyak dan membawa obor.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H Bustami HY menerangkan rute yang nantinya akan dilalui peserta pawai obor. Ada dua alternatif jalan yang akan diputuskan pertama dimulai dari depan Wisma Sri Mahkota, menuju Jalan Antara Bengkalis. Kemudian peserta akan melintasi Jalan Gatot Subroto kemudian ke jalan Hangtuah, jalan Ahmad Yani, jalan Sudirman, jalan Bengkalis, jalan Senggoro Bantan dan kembali lagi ke Jalan Antara menuju panggung utama depan Wisma Sri Mahkota.

"Alternatif kedua dimulai dari depan Wisma Sri Mahkota, selanjutnya menuju Jalan Gatot Subroto, Jalan Bengkalis, lalu ke Jalan Bantan Senggoro dan kembali lagi ke Jalan Antara menuju finish di panggung utama depan Wisma Sri Mahkota," jelas Bustami.

Ditambahkannya, jika pada hari H nanti cuaca tidak mendukung seperti hujan, maka pawai obor tidak dilaksanakan, diganti dengan acara ziarah nasional.