JCH Kampar Ziarah di Kota Mekah

id jch, kampar ziarah, di kota mekah

 JCH Kampar Ziarah di Kota Mekah

Pekanbaru (Antarariau.com) - Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Kampar yang tergabung dalam kloter 5 dan 6 Embarkasi Batam, telah melakukan ziarah pada beberapa tempat bersejarah di Kota Mekah, Arab Saudi.

"Sejumlah tempat yang telah diziarahi oleh JCH Kampar yakni Gua Hira, Gua Shur, Jabar Rahmah dan kuburan Ma'la," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg dalam keterangannya di Kampar, Senin.

Menurut Alfian, Mala merupakan komplek pemakaman istimewa karena menjadi tempat peristirahatan terakhir istri Nabi Muhammad SAW, yakni Siti Khadijah dan letaknya yang menghadap kiblat ke arah Masjidilharam.

Komplek pemakaman Ma'la, katanya, terletak di sebelah timur Masjidilharam, berjarak sekitar setengah kilometer dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 15 menit.

"Sejak zaman dahulu Ma'la memang sudah menjadi tempat pemakaman nenek moyang Nabi Muhammad dari bani Hasyim. Di sinilah dimakamkan orang-orang yang paling dicintai oleh Rasulullah SAW, selain istri tercinta Rasulullah Siti Khadijah, dimakamkan juga putra beliau Qasim bin Muhammad, paman beliau Abu Thalib, kakek beliau Abdul Muthalib," katanya.

Juga dimakamkan di Mala beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW antara lain Abdullah bin Umar, Abdullah bin Zubair, Yasir bin Amr, Asma binti Abu Bakar, dan Abdullah bin Amr bin Ash.

Mereka adalah termasuk para perawi yang namanya banyak tercantum dalam kitab-kitab hadits. Di samping itu banyak pula jamaah haji yang meninggal di Mekah dimakamkan di tempat ini.

"Seluruh JCH bersemangat dan gembira, karena mereka bisa melihat langsung tempat-tempat bersejarah yang berada di Kota Mekkah tersebut," katanya.

Alfian mengatakan, tempat ziarah di Gua Hira atau Jabal Nur ini terletak sekitar enam kilometer dari Masjidil Haram, dan di puncak bukit itu terdapat Gua Hira.

"Gua Hira merupakan tempat Rasulullah SAW beriktikaf, dan di Gua Hira itu Nabi Muhammad SAW menerima wahyu yang pertama. Jabal Nur memiliki ketinggian 2.500 kaki," katanya.

Sedangkan, Jabal Tsur atau Gua Tsur adalah gunung setinggi 458 meter yang berada di sebelah selatan Kota Makkah. Gua Tsur terletak di puncak Gunung Tsur.

Di gua Tsur itu Rasulullah SAW bersama Abu Bakar Shiddieq bersembunyi selama tiga hari dari kejaran kaum kafir Quraisy ketika hijrah ke Madinah Al-Munawwarah.

"Alhamdulillah kesehatan JCH, berada dalam keadaan sehat walafiat, dan tetap semangat dalam melaksanakan ibadah. Mudah-mudahan, kondisi yang sama tetpa berlanjut pada hari-hari berikutnya sampai JCH kita kembali ketanah air," katanya.