Camat Lurah dan Kades Diminta Berdayakan Masyarakat Ikuti Imunisasi MR

id camat lurah, dan kades, diminta berdayakan, masyarakat ikuti, imunisasi mr

Camat Lurah dan Kades Diminta Berdayakan Masyarakat Ikuti Imunisasi MR

Tembilahan, (Antarariau.com) - Seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir diminta, untuk memberdayakan kaum ibu dan organisasi wanita di daerahnya masing-masing dalam pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR).

Permintaan tersebut disampaikan Bupati Muhammad Wardan dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kampanye Imunisasi MR Kabupaten Inhil Tahun 2018, beberapa waktu lalu.

"Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mempercepat pencapaian tujuan tersebut, adalah dengan melaksanakan kampanye (imunisasi massal) dan introduksi MR ini," ujarnya.

Dikatakan Bupati Wardan, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi penyakit campak dan pengendalian penyakit rubella/kecacatan, yang disebabkan oleh infeksi rubella saat kehamilan (Congenital Rubella Syndrome) pada tahun 2020.

Untuk menyukseskan kampanye tersebut, ia mengajak dinas atau lembaga terkait, beserta perangkat kerjanya, organisasi masyarakat sipil dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam imunisasi massal MR.

"Terlebih lagi kepada ibu-ibu, karena biasanya kalau ibu-ibu bergerak semua kegiatan akan berjalan lancar. Seperti pengalaman tahun lalu saat pelaksanaan IVA Test, kita sukses sekali berkat peran serta ibu-ibu," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Inhil, Zainal Arifin menjelaskan, imunisasi ini dilaksanakan karena virus rubella belum menginfeksi seluruh masyarakat.

"Sasaran dilakukan kepada balita usia 9 bulan sampai anak usia 15 tahun. Imunisasinya berbeda dengan imunisasi polio, karena imunisasi ini dengan injeksi," terangnya.

Untuk diketahui, Rubella atau yang dikenal juga dengan Campak Jerman ini menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi penyakit tersebut. Virus rubella ini menyebar sangat cepat.

Orang yang terinfeksi rubella akan mengalami berbagai gejala, salah satu gejala yang paling ketara adalah suhu tubuh akan naik secara drastis, mengalami pilek sampai hidung tersumbat cukup lama, hingga muncul ruam merah pada wajah dan seluruh tubuh. (ADV)