Perbanyak Nasabah, OJK Terus Dorong Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah

id perbanyak nasabah ojk terus dorong literasi dan inklusi perbankan syariah

Perbanyak Nasabah, OJK Terus Dorong Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau terus mendorong literasi dan inklusi perbankan syariah setempat, guna meningkatkan akses masyarakat ke sektor keuangan.

"Sosialisasi dan edukasi mengenai produk dan jasa Iayanan keuangan syariah sangat penting dilakukan guna meningkatkan akses nasabah ke sektor keuangan sesuai dengan program literasi pemerintah, " kata Kepala OJK Riau Yusril pada acara Expo iB Vaganza Pekanbaru, di Pekanbaru, Jumat.

Acara dibuka oleh Gubernur Riau, diwakili oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTP) Eva Refita dan Direktur 14 bank syariah dan dua non syariah setempat.

Yusril menyebutkan OJK telah meluncurkan pameran produk dan jasa perbankan/keuangan syariah lewatv Expo iB Vaganza yang digelar di Mall SKA Pekanbaru, mulai 20- 22 Juli 2018.

"Ini Expo iB Vaganza Pekanbaru yang sudah memasuki tahun ketiga yang diikuti 14 perbankan syariah dan dua mitra non syariah," ujar Yusril.

Ia berharap lewat ivent ini dapat memperluas segmen pasar dan nasabah baru keuangan syariah khususnya di Riau.

Selain kegiatan IB Vaganza, OJK juga menyelenggarakan iB Goes To Market bekerjasama dengan Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) dan Kelompok Studi Ekonomi islam UIN Sultan Syarif Kasim Riau pada tanggal 19 Juli 2018 dengan target peserta pedagang pasar wilayah kota Pekanbaru.

Ia menambahkan dalam rangka mempermudah proses analisis pemberian pembiayaan, masyarakat dapat memanfaatkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) di gerai OJK untuk mendapatkan layanan informasi debitur (iDeb) sepanjang penyelenggaraan Expo i8 Vaganza di kota Pekanbaru.

Sementara itu Direktur Bisnis dan Komersial BNI Syariah Dhias Widiati selaku ketua panitia menyatakan, Expo iB Vaganza sudah digelar di Semarang dan Bandung, kini giliran Pekanbaru.

Pekanbaru merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar di bagian timur Pulau Sumatera dengan tingkat pertumbuhan, migrasi dan urbanisasi yang tinggi. Dengan sumber daya didominasi alam seperti migas, perkebunan, juga pertanian.

Pekanbaru juga berkembang menjadi kota dagang yang multi-etnik. Bila dilihat dari geografis miliki posisi strategis berada pada jalur Lintas Timur Sumatera, terhubung dengan beberapa kota seperti Medan, Padang dan Jambi menjadikan perputaran ekonomi dan bisnis.

"Harapannya dengan potensi yang dimiliki Pekanbaru industri perbankan dan keuangan syariah dapat semakin tumbuh pesat, " ujar Dhias Widiati.

Kegiatan Expo iB Vaganza akan dimeriahkan dengan berbagai acara antara Iain, launching produk keuangan syariah, talkshow edukasi dan sosialisasi produk/layanan keuangan syariah dengan narasumber dari OJK dan pelaku industri jasa keuangan syariah, berbagai lomba dan hiburan.

Selain itu setiap harinya akan ada doorprize yang akan dibagikan dan grandprize di hari terakhir bagi pengunjung yang melakukan transaksi di stand iB Vaganza Pekanbaru.