24 Wirausahawan Pemula Siak Terima Modal Usaha dari Kemenkop, Ini Besarannya

id 24, wirausahawan pemula, siak terima, modal usaha, dari kemenkop, ini besarannya

 24 Wirausahawan Pemula Siak Terima Modal Usaha dari Kemenkop, Ini Besarannya

Siak, (Antarariau.com) - Sebanyak 24 wirausaha pemula di Kabupaten Siak, Riau, menerima bantuan modal dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

"Bantuan modal tersebut dipergunakan untuk mendukung pengembangan usaha para wirausaha pemula agar dapat menjadi wirausaha yang mandiri dan berkembang," kata Kasubid Dana Hibah Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Rosdiana di Siak, Senin.

Masing-masing wirausaha pemula menerima bantuan dana senilai Rp10-13 juta per orang tergantung usaha yang dikembangkan.

"Bantuan ini perdana untuk Kabupaten Siak dan pelaku usaha bisa memanfaatkan dengan baik modal yang diterima untuk mengembangkan atau menaikkan skala usaha," katanya.

Program ini sebagai stimulan untuk mendorong pelaku usaha mengakses pembiayaan yang lebih besar melalui perbankan atau lembaga pembiayaan lainnya.

Persyaratan dalam pengajuannya di antaranya, secara individu memiliki rintisan usaha produktif (minimal usahanya sudah berjalan enam bulan dan maksimal tiga tahun) yang dituangkan dalam surat pernyataan.

Selain itu ada legalitas usaha (izin usaha mikro kecil) surat keterangan dari kelurahan, pernah mengikuti pembekalan kewirausahaan. Serta memiliki rencana usaha dan memiliki rekening tabungan yang masih aktif (ada saldo minimal).

Setelah diverifikasi oleh Dinas Koperasi kabupaten dan disampaikan ke Kemenkop melalui Dinas Koperasi san UKM Provinsi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak, Wan Fajri Aulia menyampaikan ucapan terima kasih pada Kementerian Koperasi dan UKM, karena telah memberikan modal pada wirausaha pemula wilayah setempat.

"Untuk memonitor keberlangsungan usaha, Dinas Koperasi dan UMKM akan memantau serta mewajibkan penerima bantuan untuk menyampaikan laporan tiap tiga bulan," ujarnya.***3***