Masjid Pekanbaru Gelorakan Pilgub Lewat Pengeras Suara

id masjid pekanbaru, gelorakan pilgub, lewat pengeras suara

Masjid Pekanbaru Gelorakan Pilgub Lewat Pengeras Suara

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pengurus masjid dan musholla di Kota Pekanbaru diharapkan untuk ikut menyuarakan ajakan kepada warga untuk menggunakan hak pilih pada Pemilihan Gubernur Riau 2018 lewat pengeras suara.

Ini dalam rangka menyukseskan Pemilihan Gubernur Riau tanggal 27 Juni 2018 serta memperhatikan Fatwa MUI dan kebijakan Komisi Pemilihan Umum dengan target partisipasi masyarakat pemilih minimal 72 persen, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru, Edwar S. Umar, dalam pernyataan pers yang diterima Antara di Pekanbaru, Jumat.

Kantor Kemenag Agama Kota Pekanbaru telah mengeluarkan surat himbauan tersebut pada 21 Juni 2018. Surat bernomor B-3306/Kk.04.5/BA.02.2/06/2018 itu juga ditembuskan kepada Wali Kota Pekanbaru dan seliuruh Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) se-Kota Pekanbaru.

Ada tiga poin dalam surat himbauan tersebut. Pertama, agar pengurus masjid dan mushalla mengumkan ajak untuk menggunakan hak pilih sebelum Salat Jumat tanggal 22 Juni 2018 di masjid masing-masing.

Materi pengumumannya juga sudah ditentukan, yakni Pemerintah Kota Pekanbaru menghimbau warga masyarakat yang memiliki hak pilih untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya pada hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 pukul 07.30 WIB sampai dengan 13.00 WIB.

Poin kedua, pengurus masjid dan musholla diminta untuk mengulangi pengumuman tersebut kepada warga masyarakat setiap hari hingga tanggal 27 Juni 2018.

Bahkan, pada saat hari pemungutan suara, pengumuman lewat pengeras suara masjid dan musholla harus lebih digencarkan.

Khusus untuk hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 diumumkan tiga kali yakni pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, dan 12.00 WIB, katanya.

Poin ketiga, setiap kepala KUA diminta untuk dapat mengawasi dan memantau pelaksanaan himbauan tersebut di lapangan.

Provinsi Riau merupakan salah satu dari 177 daerah yang akan melangsungkan Pilkada serentak pada tahun ini, tepatnya Pemilihan Gubernur Riau.

Ada empat calon gubernur yang akan bersaing, antara lain Syamsuar-Edy Nasution pada nomor urut 1, Lukman Edy-Herdianto pada nomor urut 2, Firdaus-Rusli Effendi pada nomor urut 3, dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno pada nomor 4. -