Pekanbaru Siapkan 400 Lokasi Salat Idul Fitri

id pekanbaru siapkan, 400 lokasi, salat idul fitri

Pekanbaru Siapkan 400 Lokasi Salat Idul Fitri

Pekanbaru (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Pekanbaru, melalui Kementerian Agama setempat menyiapkan sebanyak 400 titik lokasi untuk tempat penyelenggaraan salat Idul Fitri 1439 Hijriah atau jatuh pada tanggal 15 Juni 2018.

"Seperti tahun yang sudah-sudah, ratusan titik ini tersebar di masjid dan lapangan termasuk halaman kantor Walikota Pekanbaru, " kata Kepala Kemenag Pekanbaru, Edward S Umar di Pekanbaru, Rabu.

Menurutnya penetapan titik-titik itu sudah berdasarkan usulan dan peta tahun lalu, dimana semua pihak termasuk Pemko ikut menetapkan. Tentunya dipersiapkan segala keperluan untuk lokasi pelaksanaan.

"Lokasinya menyebar di 12 kecamatan se-Pekanbaru," ujarnya.

Sementara itu Asisten I Pemko Pekanbaru, Azwan membenarkan penetapan 400 titik lokasi salat ID sudah disepakati bersama tokoh agama dan Kemenag Kota Pekanbaru yang dituangkan dalam Surat Keputusan (SK) Walikota.

Ia menambahkan pihaknya mengarahkan salat ID digelar di lapangan agar lebih luas dan bisa menampung warga serta ikut mendengarkan khotbah.

Dalam SK tersebut sambungnya Pemko juga mengatur tentang Khatib, Imam, dan Bilal yang akan bertugas.

"Untuk di halaman kantor Walikota Pekanbaru yang akan menjadi khatibnya langsung Plt Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi," ujar Azwan.

Ia menyebutkan pihaknya juga sudah mengantisipasi jika nanti saat pelaksanaan cuaca hujan, maka kegiatan akan dialihkan ke masjid paripurna Pekanbaru yakni Masjid Ar Rahman.

Pihaknya berpesan kepada semua masyarakat agar ikut beramai-ramai melakukan salat pada semua tempat yang sudah disediakan.

"Kalau memang tidak sempat datang ke lokasi yang agak jauh memang sebaiknya warga melakukan salat di dekat lingkungan rumah masing-masing," ujarnya.

Ia mengatakan untuk pengamanan sudah dipersiapkan personil gabungan dari Kepolisian, Kodim, Satpol PP dan Dishub.