Atasi Kemacetan, Dishub Pekanbaru Terjunkan Personel di Sejumlah Titik Pasar

id atasi kemacetan, dishub pekanbaru, terjunkan personel, di sejumlah, titik pasar

Atasi Kemacetan, Dishub Pekanbaru Terjunkan Personel di Sejumlah Titik Pasar

Sumber : Antaranews

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau akan menerjunkan personel untuk mengamankan arus lalu lintas di berbagai pasar Ramadhan mulai 21 Mei atau hari Kelima puasa 2018.

"Memang kami baru akan menempatkan personel di beberapa titik pasar Ramadhan pada hari kelima puasa. Ini lantaran beberapa pertimbangan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Kendi Harahap di Pekanbaru, Senin.

Kendi menjelaskan bahwa salah satu penyebabnya ialah lantaran keterbatasan dalam jumlah personel yang dimiliki Dishub Pekanbaru, sehingga untuk penempatan personel dibutuhkan survei menyeluruh soal tingkat kemacetan.

Setidaknya ia mengatakan bahwa nantinya akan ada sekitar 60 orang personel Dishub yang akan disebar di berbagai titik yang dinilai cukup rawan akan kemacetan.

Sedangkan jumlah pasar Ramadhan yang ada saat ini sekitar 70 lokasi. Maka jika dibandingkan dengan jumlah personel tentu akan nampak timpang.

Oleh sebab itu, selama beberapa hari pertama Ramadhan, Dishub Pekanbaru melakukan survei tingkat kemacetan sutu pasar Ramadhan.

Seperti di kawasan Jalan WR Supratman tepatnya di samping Universitas Riau yang selalu menjadi langganan macet, padahal jika dibandingkan dengan hari biasa lalu lintas di kawasan tersebut cukup lancar.

Dijelaskan Kendi bahwa kawasan tersebut memang sudah menjadi langganan kemacetan tiap tahunnya.

"Kalau untuk tempat-tempat seperti itu kan butuh pengamanan ekstra," imbuhnya.

Lebih jauh Kendi mengatakan bahwa keterbatasan personel tersebut cukup menyulitkan pihaknya dalam membagi area pengawasan. Pasalnya jumlah pasar Ramadhan tersebut diprediksi akan terus meningkat hingga akhir bulan Puasa.

Disinilah kemudian yang menjadi dilema dalam hal pengaturan lalu lintas tersebut. Area pengawasan yang terus bertambah tidak seimbang dengan jumlah personel yang tersedia.

Nantinya personel tersebut akan mulai bertugas pada pukul empat hingga enam sore.

Terkait hal tersebut Kendi mengaku bahwa pihaknya telah mencoba mengusulkan soal penambahan personel. Namun akibat keterbatasan dalam anggaran alhasil wacana tersebut sampai saat ini belum dapat terealisasi.

Ia berharap agar kedepannya pihak pemerintah kota dapat mengadakan penambahan jumlah personel dari instansi yang dipimpinnya tersebut. Hal ini mengingat berbagai bidang serta tupoksi yang menjadi tanggung jawab oleh pihak Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru.

"Sebaiknya memang diadakan penambahan personel, tapi itu semua membutuhkan kajian dari berbagai stakeholder," pungkasnya.*

Oleh Retmon Bensal Putra