SBSI Dumai Serukan Pilih Caleg 2019 Peduli Upah Buruh Sektor Industri

id sbsi dumai, serukan pilih, caleg 2019, peduli upah, buruh sektor industri

SBSI Dumai Serukan Pilih Caleg 2019 Peduli Upah Buruh Sektor Industri

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Kota Dumai, Provinsi Riau mengajak buruh agar memilih calon legislatif pada Pemilu 2019 yang peduli dan siap memperjuangkan upah sektor industri bagi kesejahteraan.

Hal itu disampaikan Hasrizal selaku Ketua Serikat Buruh Sejahtera Indonesia Kota Dumai pada peringatan Hari Buruh Internasional 2018 atau Mayday, dan jadi momen serikat buruh untuk meningkatkan kesejahteraan dengan memperjuangkan upah sektor industri bagi pekerja di pabrik.

"Upah sektor industri harus diperjuangkan dengan menguasai parlemen agar taraf kesejahteraan hidup buruh makin membaik," katanya

Disebutkan, perjuangan untuk meloloskan upah sektor industri ini harus dilakukan bersama dengan dibantu dorongan politik anggota buruh duduk di kursi legislatif, agar pemerintah bisa menyetujui.

Upah sektor industri ini diusulkan lebih tinggi lima persen dibanding upah minimum kota penetapan bersama Dewan Pengupahan Daerah, dan buruh bertekad menempatkan perwakilan di lembaga wakil rakyat.

"Penetapan upah sektor industri ini kewenangan pemerintah provinsi usulan dari daerah, dan kenaikannya hanya berkisar lima persen dibanding UMK," sebutnya.

Persoalan upah sektor industri ini, lanjutnya, merupakan program prioritas serikat buruh agar kesejahteraan hidup lebih terjamin dan hubungan kerja dengan perusahaan bisa berlangsung harmonis dan kondusif.

Terkaitt Mayday 2018, Kepolisian Resort Dumai menurunkan ratusan personel untuk mengawal rangkaian kegiatan para buruh agar berlangsung aman tertib dan lancar tanpa ada gangguan keamanan.

"Ratusan polisi disiagakan utuk mengawal kegiatan mayday dan kita mengimbau agar buruh tetap menjaga ketertiban," kata Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan kepada pers.

Sejumlah organisasi perburuhan di Dumai yang merayakan mayday di antaranya, serikat buruh seluruh indonesia, konfederasi serikat buruh sejahtera indonesia, serikat pekerja Kota Dumai, tenaga kerja bongkar muat dan serikat pekerja mitra putri 7 Pertamina RU II. ***