Dijanjikan Selesai Tahun ini, DPRD Riau Kawal Pembangunan 2 Fly Over Pekanbaru

id dijanjikan selesai, tahun ini, dprd riau, kawal pembangunan, 2 fly, over pekanbaru

Dijanjikan Selesai Tahun ini, DPRD Riau Kawal Pembangunan 2 Fly Over Pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pihak DPRD Riau akan mengawasi setiap progres pembangunan dua proyek infrastruktur jembatan layang atau flyover yang berada di perempatan Mall SKA dan Pasar Pagi Arengka yang ditargetkan selesai akhir tahun ini.

"Saya rasa ini tekejar, kalau ini dikebut. Dan juga desain kedua flyover ini sederhana, sehingga tidak memakan waktu. Tentunya kami akan mengawal pembangunan ini, minimal kita dari DPRD menjadwalkan sebulan sekali turun (meninjau)," ujar Wakil Ketua DPRD Riau Noviwaldy Jusman usai groundbreaking flyover Mall SKA di Pekanbaru, Jumat.

Dedet sapaan akrabnya meminta komitmen Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Riau bersama Pihak Kontraktor agar dapat mengebut pengerjaan proyek infrastruktur yang dianggarkan dari APBD 2018 tersebut. Sehingga dapat mengurangi dampak kemacetan di dua titik itu.

"Dan hari ini kita melakukan groundbreaking dua flyover yang akan mengurai kemacetan di dua titik. Meski kondisi APBD kita semakin ramping tapi kami optimis pembangunan infrastruktur di Riau dapat berjalan sesuai target," kata Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim ditempat yang sama.

Thamrinoptimis pembangunan infrastruktur di Riau yang diwacanakan selesai dalam satu tahun anggaran dapat dikebut tentunya dengan komitmen semua pihak.

"Harus dipacu (semua pihak) agar realisasi program ini terkejar. Kendala dilapangan pasti ada, tapi kita yakin ini dapat selesai," sebutnya.

Dikatakannya, ada empat proyek strategis yang dibangun menggunakan APBD Riau 2018. Adapun pembangunan yang digesa tahun ini adalah, dua buah fly over, jembatan Siak IV, pembangunan gedung Mapolda Riau dan kantor kejati Riau.

"Saya minggu ini turun langsung kelapangan. Senin kemarin peletakkan batu pertama Mapolda Riau. Rabu kemarin saya pergi meninjau tol Pekanbaru-Dumai dan jembatan Siak IV," lanjut dia.

Sementara, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau Dadang Eko Purwanto meminta masyarakat agar menggunakan jalur alternatif untuk menghindari kemacetan di dua lokasi tersebut.

"Ada jalur-jalur alternatif yang sudah kami informasikan kepada masyarakat. Kemudian juga ada pelebaran jalan sehingga pada saat pembangunan tidak menggangu lalu lintas," sebut Dadang.

Dadang berharap, tahun depan realisasi pembangunan dua flyover sudah dapat dirasakan manfaatnya masyarakat. Selain dapat mengurai kepadatan lalu lintas di Ibu Kota Provinsi Riau. Juga diharapkan dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat.

Untuk diketahui, untuk pembangunan flyover di perempatan mall SKA menelan anggaran sebesar Rp149 miliar lebih dengan target pengerjaan selama 285 hari. Sementara untuk flyover yang berada di perempatan Pasar Pagi Arengka menelan anggaran sebesar Rp75 miliar lebih ditargetkan rampung dalam satu tahun anggaran. ***3***