Pemkab Rohil Apel Siaga Darurat karhutla Bersama Satgas

id pemkab rohil, apel siaga, darurat karhutla, bersama satgas

Pemkab Rohil Apel Siaga Darurat karhutla Bersama Satgas

Dedi Dahmudi

Rokan Hilir, (Antarariau.com) - Pemkab Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau menggelar apel siaga darurat bencana kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) yang dipimpin langsung oleh Pelaksana tugas Bupati Rohil, Jamiludin, Senin.

Apel yang dilaksanakan di Lapangan Purna MTQ Batu Enam, Bagansiapiapi itu dihadiri Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Waka Polres Rohil Kompol Wawan, Ketua DPRD Nasrudin Hasan, Sekretaris Daerah Surya Arfan serta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan para Datuk Penghulu.

Apel siaga karlahut ini menerjunkan 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) Prajurit TNI-AD dari Kodim 0321/Rohil, 1 SSK Personel Polres Rohil, 2 SSK Personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Rohil, 1 SSK Personel Satpol PP, 3 SSK Masyarakat Peduli Api, 3 SSK Personil Pemadam Kebakaran, dan 1 SSK Pramuka.

Dalam sambutannya, Jamiludin menyampaikan bahwa musibah Karlahut di wilayah Indonesia memberikan imbas yang sangat buruk baik dalam kehidupan masyarakat maupun hubungan bilateral dengan negara-negara tetangga.

"Diharapkan penanggulangan Karlahut akan berjalan maksimal bila adanya penanganan yang baik dari tiga unsur, yakni pemerintah, masyarakat dan dunia usaha," ujarnya.

Plt Bupati mengatakan, sejak 2016 lalu satuan tugas (Satgas) Karlahut telah berhasil menurunkan titik api lebih dari delapan puluh persen di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu ia berharap kepada Satgas Karlahut agar melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal.

"Laksanakan pencegahan sedini mungkin serta gunakan segala sumber daya yang dimiliki untuk penanganan Karlahut agar 2018 Riau tanpa asap dapat dicapai," katanya berpesan.

Usai melaksanakan apel bersama, Plt Bupati Rohil Jamiludin, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Waka Polres Rohil Kompol Wawan, Ketua DPRD Nasrudin Hasan dan Sekda Surya Arfan melakukan simulasi penanggulangan Karlahut di lokasi apel. *