TNI Masih Tunggu Hibah Lahan Untuk Pembangunan Kantor Kodim Siak

id tni masih tunggu hibah lahan untuk pembangunan kantor kodim siak

TNI Masih Tunggu Hibah Lahan Untuk Pembangunan Kantor Kodim Siak

Siak (Antarariau.com) - Terealisasinya rencana pembangunan Kantor Komando Distrik Militer (Kodim) Siak masih menunggu hibah lahan dari Pemerintah Kabupaten Siak ataupun masyarakat.

Waasrendem Kodam I Bukit Barisan Letkol INF A.T Chrishardjoko saat kunjungannya ke Kabupaten Siak menyebutkan pembangunan Kodim Siak sudah dibahas di Kodam I Bukit Barisan.

"Namun, saat ini program prioritas dari TNI adalah peremajaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan minimnya anggaran TNI. Tetapi jika Pemkab Siak mau menghibahkan lahan dan bangunan, pihaknya akan segera menindaklanjutinya," katanya, Selasa.

Dia mengungkapkan, anggaran untuk pembangunan sementara waktu ditunda terlebih dahulu, akan tetapi pihaknya akan segera menindaklanjuti jika dari Pemkab Siak ada niat mengibahkan lahan, dan juga patut disyukuri.

Sementara itu Asisten III Setdakab Siak Jamaluddin menerima rombongan Dalprog Kodam I Bukit Barisan di ruang pertemuan Pucuk Rebung kantor Bupati Siak mengatakan bahwa pembangunan kantor Kodim di Siak sudah direncanakan sejak tahun 2014.

Semula lokasi ditetapkan di kecamatan Dayun, namun status tanah belum selesai, hingga kemudian Pemkab Siak memindahkannya di Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak.

"Pada intinya Pemkab Siak mendukung pembangunan Kantor Kodim ini. Rencana pembangunannya akan dimulai pada tahun 2018 mendatang. Untuk tahun ini pekerjaannya pembersihan lahan dan penimbunan," sebut dia.

Apalagi lajut Jamaluddin, Kabupaten Siak sebagai salah satu daerah tujuan wisata, tentunya dengan berdirinya Kodim menjadi bagian dari pengamanan suatu wilayah sekaligus mempercepat pembangunan.

Jamal menambahkan, nantinya akan dibangun sarana dan prasarana perkantoran Kodim ini. Seperti, perumahan Dandim, Kasdim, rumah jaga, gudang senjata, ruang sel, serta lapangan tembak.

Letkol INF A.T Chrishardjoko beserta rombongan yang ditemani Perwira Penghubung Mayor Inf Sumarno Kodim 0303/Bengkalis diajak melihat lahan yang diperuntukkan bagi pembangunan Kodim Siak, berlokasi di pinggir jalan arah ke Tumang samping Taman Makam Pahlawan dengan luas lahan 5,1 hektare.