206 Calon Haji Dumai Berangkat Menuju Mekah

id 206 calon, haji dumai, berangkat menuju mekah

206 Calon Haji Dumai Berangkat Menuju Mekah

Dumai, Riau (Antarariau.com) - Sebanyak 206 calon haji asal Kota Dumai, Riau, yang tergabung dalam Kelompok Terbang 7 Embarkasi Batam Provinsi Kepulauan Riau bersiap meninggalkan Madinah menuju Kota Suci Mekah pukul 16.00 waktu setempat, Senin.

Kepala Kementerian Agama Dumai Syafwan mengatakan, saat ini kondisi jamaah sehat dan bergerak menuju Kota Mekah menggunakan bus yang disediakan Pemerintah Arab Saudi.

"Jamaah calon haji Dumai berangkat menuju Mekah dan kondisi mereka sehat walafiat," kata Syafwan.

Perjalanan jamaah calon haji Dumai ke Mekah ini diperkirakan menempuh perjalanan lebih kurang lima jam dan menempati Maktab Mahbas Jin, berjarak lebih kurang dua kilometer.

Sebelum memulai perjalanan, panitia haji sudah mengimbau jamaah agar menyelesaikan ibadah di Madinah dan selalu menjaga kesehatan supaya tidak sakit saat memasuki Mekah.

"Mohon doa masyarakat Dumai agar jamaah kita diberikan kesehatan dalam melaksanakan seluruh rangkaian ibadah dan dapat pulang dengan selamat," katanya.

Data Kemenag Dumai mencatat ada enam calon haji Dumai gagal berangkat ke tanah suci tahun ini disebabkan menderita gagal ginjal dan satu mendadak sakit di Embarkasi Batam.

Kemudian, calon haji berusia lanjut atas nama Nazar tidak bisa berangkat haji bersama istrinya dan mendapat perawatan di Batam. Dua lagi batal pergi, yakni Sekretaris Daerah Kota Dumai Muhammad Nasir bersama istri.

Embarkasi Batam memberangkatkan 11.940 calon haji dari empat provinsi pada musim haji 2017 ini, yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.