192 JCH Bengkalis Tempuh Jalur Laut Menuju Embarkasi Batam

id 192 jch, bengkalis tempuh, jalur laut, menuju embarkasi batam

192 JCH Bengkalis Tempuh Jalur Laut Menuju Embarkasi Batam

Pekanbaru (Antarariau.com) - Sebanyak 192 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau diberangkatkan dari pelabuhan Bandar Sri Laksamana Bengkalis menuju Pelabuhan Sekupang Batam untuk dipersiapkan menuju embarkasi Batam.

"192 JCH asal Bengkalis itu tergabung dalam Kloter 5 Batam dan akan bergabung dengan JCH asal Kabupaten Kuansing, Riau, yang akan diberangkatkan menuju Madinah pada Kamis (3/8) pukul 23.50 WIB," kata Humas Kanwil Kemenag Riau, Imus, saat dihubungi dari Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan sebanyak 192 JCH itu berasal dari Kecamatan Bengkalis sebanyak 96 orang, dari Kecamatan Bantan sebanyak 44 orang, dari Kecamatan Bukit Batu 20 orang, dari Kecamatan Siak Kecil 14 Orang, dari Kecamatan Rupat satu orang dan dari Kecamatan Pinggir sebanyak 17 orang.

Para JCH akan diinapkan terlebih dahulu satu malam di asrama Haji Batam.

Seluruh JCH asal Kabupaten Bengkalis tersebut merupakan bagian dari 5.048 JCH yang akan diberangkatkan berasal dari kloter 3,4,5,6,7,8,9 dan 10 untuk gelombang pertama dan gelombang ke dua sebanyak empat kloter lagi yakni kloter 16, 17, 18 dan 26.

Total JCH Riau berdasarkan data terakhir sebanyak 5.048 JCH atau berkurang sebanyak 16 orang dari sebelumnya 5.064 orang. Belasan orang lainnya tidak jadi berangkat dan meninggal.

Sedangkan pada setiap kloter akan didampingi oleh lima petugas haji terdiri atas seorang ketua, seorang pendamping ibadah, seorang dokter umum dan dua perawat.

Sementara itu para JCH yang siap diberangkatkan itu didominasi oleh warga yang menjalani daftar tunggu sejak tahun 2010.