Mudahkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Siak Luncurkan Aplikasi Informasi Puskesmas

id mudahkan pelayanan, kesehatan masyarakat, pemkab siak, luncurkan aplikasi, informasi puskesmas

Mudahkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Siak Luncurkan Aplikasi Informasi Puskesmas

Siak (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, meluncurkan sistem informasi kesehatan E-Puskesmas dalam rangka memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan.

"Kehadiran sistem informasi ini adalah sebuah bentuk terobosan untuk percepatan teknologi informasi kesehatan di Kabupaten Siak, serta meningkatkan dan mempermudah layanan kesehatan bagi masyarakat," kata Bupati Siak Syamsuar saat sambutan pembukaan aplikasi di Siak, Selasa.

Menurutnya, dalam hal ini pemerintah memberikan dukungan untuk kemajuan dan manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat luas, sehingga layanan disetiap Puskesmas akan meningkat kualitasnya dalam memberikan pelayanan.

"Aplikasi E-Puskesmas sebagai kemajuan yang bagus dalam layanan kesehatan bagi masyarakat, mengingat aplikasi tersebut bisa terintegrasi dengan layanan BPJS Kesehatan," katanya lagi di Hotel Grand Mempura.

Ia juga berharap, melalui dinas kesehatan, seluruh Puskesmas bisa memaksimalkan penggunaan dari sistem E-Puskesmas, sehingga terwujud pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi pada masyarakat.

"Saya sering menerima keluhan dari masyarakat terkait lambannya penanganan saat rujukan ke rumah sakit, masalah pengguna BPJS kesehatan, dan lainnya. Dengan adanya sistem ini pelayanan kesehatan dapat meningkat," sebutnya.

Bersamaan dengan itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak Tony Chandra menyebutkan untuk tahap awal layanan E-puskesmas baru ada di tiga unit puskesmas yang ada di wilayah Kabupaten Siak, yakni di UPTD Puskesmas Kecamatan Siak, Dayun dan Bunga Raya.

"Sedangkan 12 Puskesmas lainnya akan segera menyusul, setelah dilakukan pembekalan dan pelatihan. Sedangkan sistem informasi ini bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dan Telkom," jelasnya usai pembukaan.

Masyarakat bisa mendapatkan aplikasinya di "playstore" dengan mengunduh "Infokes Mobile" di androidnya.

Dengan begitu akan mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal, juga dapat memudahkan Dinkes melakukan pengawasan dan evaluasi di 15 Puskesmas.

"Seluruh puskesmas jadi bisa saling berlomba dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat dan berkompetisi untuk memperbaharui datanya. Dan masyarakat jadi bisa terlayani dengan maksimal, seluruh data terhimpun dalam E-puskesmas. Ini menjadi layanan kesehatan yang mempermudah pasien dalam berobat," paparnya.

E-Puskesmas adalah sistem yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada Puskesmas. Aplikasi berbasis desktop (e-Puskesmas Client Desktop) ini guna melakukan pencatatan data pelayanan sehari-hari mulai dari data pasien, rekam medik, obat dan masih banyak lagi dengan dukungan berbagai fitur menarik.