Optimalkan Pelayanan Masyarakat, Pemkab Inhu Kembali Sosialisasikan Program LAPOR!

id optimalkan pelayanan, masyarakat pemkab, inhu kembali, sosialisasikan program lapor

Rengat (Antarariau.com) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Provinsi Riau, kembali menggelar Sosialisasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang ditujukan bagi masyarakat bertempat di Hotel Irma Bunda Pematang Reba untuk mengoptimalkan program tersebut.

"Pelaksanaan program LAPOR! merupakan bentuk komitmen Inhu untuk memberikan ruang partisipasi yang luas bagi masyarakat guna mengawasi pelaksanaan program pembangunan serta pelayanan publik," kata Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Indragiri Hulu R Marwan di Rengat, Kamis.

Ia mengatakan, Indragiri Hulu merupakan kabupaten pertama di Indonesia yang melaksanakan program LAPOR! sejak tahun 2014, "LAPOR!" juga sudah terintegrasi menjadi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) yang dikembangkan bersama kantor staf presiden, kementerian pendayagunaan aparatur negara, reformasi dan birokrasi serta Ombudsman Republik Indonesia.

Bupati Indragiri Hulu yang diwakilki oleh Asriyan mengharapkan peran aktif dari masyarakat, menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah untuk menyebarluaskan program LAPOR! ini ke masyarakat.

"Saya berharap peserta yang hadir bisa mendukung kegiatan tersebut," sebutnya.

Plt. Kadiskominfo Inhu R. Marwan mengatakan bahwa salah satu tujuan diadakannya sosialisasi adalah dapat terpenuhinya sarana pengaduan yang dapat menampung ide, saran, kritik dan pendapat dari masyarakat melalui media elektronik.

"Saya berharap kegiatan ini dapat mewujudkan arus informasi dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam hal pengawasan," ujarnya.

Marwan juga berjanji Diskominfo Inhu selaku pengelola LAPOR! akan lebih giat lagi mensosialisasikan program tersebut sehingga dapat dikenal secara luas oleh masyarakat.

"Ini sms pengaduan bisa dimanfaatkanoleh masyarakat "cara ketik INHU (SPASI) ISI LAPORAN kirim ke 1708," tegasnya.