Dishub Bengkalis Optimalkan Pelayanan Sambut Lebaran Idul Adha

id dishub bengkalis, optimalkan pelayanan, sambut lebaran, idul adha

Dishub Bengkalis Optimalkan Pelayanan Sambut Lebaran Idul Adha

Bengkalis (Antarariau.com) - Dinas Perhubungan (Dishub) Bengkalis, Provinsi Riau berkomitmen untuk mengoptimalkan pelayanan kepada penumpang di penyeberangan roro Bengkalis-Sungai Pakning dalam menyambut lebaran Idul Adha 1439 H/2018 M.

"Dalam menyambut Idul Adha lonjakan arus penumpang di penyeberangan roro Bengkalis- Sungai Pakning diperkirakan akan meningkat, kita akan menyiapkan lima armada kapal roro untuk mengantisipasi apa bila terjadi lonjakan nantinya," kata Kepala Bidang Pelayaran Dishub Bengkalis, Zul Asri, Senin.

Dikatakannya, lima kapal roro yang ada saat ini dalam kondisi layak pakai dan sudah menjalani uji laik laut dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkalis.

"Dari laporan yang kita terima ke lima kapal tersebut sudah mendapatan sertifikat kelaikan kapal untuk berlayar dari KSOP," kata Zul.

Dia memperkirakan, lonjakan arus penumpang pada Idul Adha nanti tidak signifikan dibandingkan tahun baru dan Idul Fitri. Walaupun demikian pihaknya tetap akan mengantisipasi apa bila terjadi lonjakan arus penumpang nantinya.

"Biasanya menyambut Idul Adha, kita memperkirakan tidak separah tahun baru dan Idul Fitri yang lonjakannya hampir mencapai 300 persen dari hari biasanya, tetapi antispasi tetap akan dilakukan," tandas Zul.

Untuk sarana lain yang menjadi utama adalah dermaga yang harus dalam kondisi siap pakai di dua pelabuhan yang ada saat ini, yakni di dermaga Air Putih Bengkalis dan Sungai Pakning.

"Dua dermaga Bengkalis saat ini dalam kondisi bagus, sementara dua dermaga di Sungai Pakning salah satunya mengalami kerusakan," kata Zul.

Ditambahkannya, untuk perbaikan dermaga yang rusak di pelabuhan penyeberangan Sungai Pakning sedang dilakukan upaya perbaikan dan masih menunggu pengiriman salah satu alat yang rusak tersebut dari Surabaya.

"Alat yang rusak tersebut sudah kita pesan dan dalam perjalanan, kita memperkirakan menjelang Idul Adha nanti dermaga tersebut sudah bisa kembali beroperasi,"ujar Zul.