Pererat Silaturahmi, Pemkab Inhu Galakan Program Maghrib Mengaji

id pererat silaturahmi, pemkab inhu, galakan program, maghrib mengaji

Rengat (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, mengoptimalkan program kegiatan maghrib mengaji dan shalat berjamaah yang telah digalakkan selama ini untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa juga dalam rangka pererat silaturahim.

"Mari meramaikan masjid dengan Shalat berjamaah," kata Bupati Indragiri Hulu Yopi Arianto di Rengat, Selasa.

Bupati Yopi Arianto tidak pernah lelah mengimbau kepada seluruh masyarakat Indragiri Hulu untuk terus menjalankan syariat Islam dengan baik sebagaimana yang teah dituntun oleh Nabi Besar Muhammad SAW, langkah meramaikan masjid harus ditanamkan secara terus-menerus.

Khusus bagi para pelajar, tegas Bupati, jika perlu pengawasan dengan menggunakan buku absensi sebagai langkah yang akan coba diterapkan di sejumlah masjid agar berjalan maksimal dibantu dorongan dari orang tua.

"Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan," kata bupati.

Bupati dalam rapat koordinasi bersama ratusan pengurus Lembaga Pembinaan Tilawatil Quran (LPTQ) se Kabupaten Inhu yang digelar, Senin (6/3) dihadiri sejumlah SKPD, juga menyampaikan hal serupa.

"Kita optimalkan gebrakan untuk membudayakan shalat berjamaah di masjid," kata bupati.

Untuk merumuskannya, Bupati Yopi minta kepada pihak-pihak yang terlibat termasuk LPTQ, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Agama Inhu dapat melakukan koordinasi dan menyosialisasikan ke tengah masyarakat.

"Coba diterapkan selama satu bulan ini dan kita akan lihat pengaruhnya seperti apa," kata bupati.

Selain itu, kegiatan pengajian setiap malam Jumat juga menjadi keinginan bupati yang diharapkan kembali dibudayakan dalam lingkungan bermasyarakat hingga ke seluruh desa.

"Kalau saya perhatikan di sejumlah desa sebenarnya telah melaksanakannya, namun hanya diikuti oleh orang tua," ujarnya.

Untuk diketahui, penyelenggaraan rakor ini juga merupakan bentuk persiapan dalam rangka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kecamatan se Inhu tahun 2017. Bupati Yopi juga mengharapkan agar LPTQ dapat terus memberikan kontribusinya terutama dalam hal pembinaan bibit-bibit muda.

(ADV)

Pewarta :
Editor: Asripilyadi
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar