Universitas Negeri Semarang Untuk Ketiga Kalinya Gelar "Sinden Idol"

id universitas negeri, semarang untuk, ketiga kalinya, gelar sinden idol

Universitas Negeri Semarang Untuk Ketiga Kalinya Gelar "Sinden Idol"

Semarang (Antarariau.com)- Universitas Negeri Semarang kembali menggelar ajang pencarian bakat sinden muda, yakni "Sinden Idol" yang tahun ini sudah memasuki penyelenggaraan yang ketiga.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Sinden Idol untuk yang kali ketiga ini juga terbuka untuk umum," kata Ketua Panitia Sinden Idol 3 Agus Nuryatin di Semarang, Selasa.

Audisi direncanakan digelar di Kampung Budaya Unnes, Sekaran, Gunungpati, Semarang, pada Selasa, 13 Desember 2016, sementara final pada Minggu, 18 Desember 2016 di tempat yang sama.

Untuk persyaratan peserta, kata Dekan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unnes itu, usia antara 13-27 tahun, berkewarganegaraan Indonesia, dan membayar kontribusi sebesar Rp50 ribu.

"Dari tahap audisi, kami akan menyeleksi sebanyak 10 peserta atau sinden yang berhak maju dalam ajang final. Ajang Sinden Idol ini memang mencari sinden-sinden muda yang berbakat," katanya.

Menurut dia, materi-materi dalam audisi, di antaranya peserta diwajibkan "nembang" atau mempraktikkan teknik "sindenan" dan harus menjawab pertanyaan juri mengenai seputar dunia kesindenan.

Ia menjelaskan sinden juga harus memiliki pengetahuan yang cukup sehingga bisa dijadikan sebagai panutan bagi lingkungan sekitarnya, baik dari sisi kemampuan maupun kehidupan sehari-hari.

"Ajang ini (Sinden Idol, red.) tidak hanya diharapkan mampu menghasilkan sinden muda berbakat, namun juga sinden yang memiliki pengetahuan cukup sehingga mampu menjadi panutan," katanya.

Selain itu, kata Agus, Sinden Idol diharapkan bisa menjadi barometer sinden muda berbakat yang mampu mengajak menanamkan nilai luhur budaya Jawa melalui olah seni dan kehidupan bermasyarakat.

Sinden Idol pertama kalinya digelar Unnes pada 2012 yang diikuti ratusan peserta. Lina Rohmiyati asal Wonogiri tampil sebagai juara I, sementara Sinden Idol 2 dijuarai Dhesy Purnawati, alumnus Unnes.

Bagi peserta yang ingin mendaftar Sinden Idol 3 dipersilakan menghubungi Mulat Sari Menur di nomor telepon 085-225-269-327, atau datang ke sekretariat di Kampung Budaya Unnes, Sekaran, Gunungpati.