Polres Pekanbaru Terjunkan Ratusan Personel JagaSholat Idul Adha

id polres pekanbaru terjunkan ratusan personel jagasholat idul adha

Polres Pekanbaru Terjunkan Ratusan Personel JagaSholat Idul Adha

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian resor kota Pekanbaru, Provinsi Riau menurunkan sebanyak 661 personil polisi guna mengamankan pelaksanaan sholat Idul Adha yang diselenggarakan di 252 titik di seluruh Kota Pekanbaru, Senin.

"Pagi ini 661 polisi telah kita ploting untuk mengamankan sholat Idul Adha. Tidak hanya sholat, namun personil tetap bertugas hingga pembagian daging qurban selesai," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Toni Hermawan di Pekanbaru.

Ia menjelaskan pelaksanaan sholat Idul Adha yang tersebar di 252 lokasi tersebut terdiri dari 63 masjid sementara sisanya dilakukan di lapangan.

Sementara itu, dari 252 lokasi itu terdapat 11 lokasi yang jamaahnya akan lebih banyak dibanding lokasi lain. Untuk 11 lokasi yang dimaksud, dia mengatakan pihaknya akan melakukan penebalan personil.

"Personil telah kita ploting ke lokasi-lokasi sholat Idul Adha. Semoga pelaksanaan aman dan lancar," ujarnya.

Pengamanan personil Polresta Pekanbaru telah berlangsung sejak tadi malam saat pawai takbir menggunakan kendaraan berkeliling kota.

Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru, sebelumnya telah menyiapkan 255 lokasi yang akan digunakan umat Muslim untuk menunaikan shalat Idul Adha.

Kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru Edwar S Umar menjelaskan penetapan lokasi shalat ini sesuai dengan kebutuhan dan usulan para pengurus masjid dan masyarakat.

Menurut Edwar, 255 lokasi shalat Idul Adha 1437 Hijriah ini tersebar di Kecamatan Marpoyan Damai 45 titik, Kecamatan Pekanbaru Kota dua titik, Kecamatan Senapelan 10 titik, Kecamatan Sukajadi sembilan titik, Kecamatan Rumbai 20 titik.

Selanjutnya, Kecamatan Rumbai Pesisir 17 titik, Kecamatan Payung Sekaki 19 titik, Kecamatan Limapuluh 14 titik, Kecamatan Tampan 23 titik, Kecamatan Tenayan Raya 69 titik, Kecamatan Bukit Raya 23 titik, dan Kecamatan Sail empat titik.

Edwar mengatakan seluruh persiapan pelaksanaan shalat Idul Adha sudah 100 persen rampung. Untuk khatib, imam, dan bilal yang akan bertugas juga telah ditunjuk.

Ia menambahan, Wali Kota Pekanbaru Firdaus akan melaksanakan shalat Idul Adha di lapangan Kantor Wali Kota Pekanbaru.

Sementara itu, cuaca Kota Pekanbaru dalam pelaksanaan sholat Idul Adha di Pekanbaru pada 2016 ini terpantau cerah. Hal ini tentu berbeda dibanding tahun lalu saat masyarakat harus sholat menggunakan masker akibat paparan kabut asap.