Gubernur Optimis 2017 DBH Riau Akan Alami Kenaikan

id gubernur optimis, 2017 dbh, riau akan, alami kenaikan

Gubernur Optimis 2017 DBH Riau Akan Alami Kenaikan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan Dana Bagi Hasil minyak dan gas Riau diprediksi akan mengalami kenaikan pada 2017 berdasarkan nota keuangan RAPBN, yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada sidang MPR RI Selasa (16/8) lalu.

"Pada 2017 ini, berdasarkan pidato nota keuangan yang disampaikan oleh Presiden. Kita optimis DBH Migas naik," kata Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru, Jumat.

Dikatakannya, pada APBN Perubahan 2016 asumsi makro terkait harga minyak mentah ditetapkan oleh pemerintah dan DPR RI sebesar 40 Dolar Amerika per barel. Kemudian pada pidato Presiden Selasa lalu, asumsi makro pada 2017 naik menjadi 45 dolar AS per barel.

"Artinya ada pengembalian lagi 5 dolar AS per barel akan berpengaruh terhadap penerimaan bagi hasil Riau," kata dia.

Pada tahun lalu Riau mengalami penurunan besar dari DBH Migas akibat anjloknya harga minyak. Dari asumsi makro 151 dolar AS pada 2015 menjadi 40 dolar AS per barel yang berimbas pada pendapatan semua kabupaten/kota di Riau.

Andi Rachman, begitu sapaan akrabnya berharap berdasarkan nota anggaran tersebut presiden tidak mengurangi proyek infrastruktur di Riau karena DBH naik. Dia berharap presiden masih akan tetap ada komitmem terhadap infrastruktur yang menjadi prioritas di Bumi Lancang Kuning.

"Tentu di situ kita berharap Riau mendapat bagianlah, dari APBN termasuk Terminal Pelabuhan "Roll on Roll", pengembangan bandar udara dan kegiatan infrastruktur pusat lainnya yang ada di daerah seperti kereta api dan jalan tol," sebutnya.

Meski diperkirakan DBH naik lagi, Andi menyampaikan pihaknya tetap akan meminta jajarannya untuk melakukan penghematan. Terutama untuk biaya perjalanan dinas dan kegiatan kegiatan yang tidak menjadi prioritas atau yang tidak bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Oleh: Diana Syafni