Berkah Ramadan, Poktan Desa Sungai Lipai Panen 6 Ton Cabe

id berkah ramadan, poktan desa, sungai lipai, panen 6, ton cabe

Berkah Ramadan, Poktan Desa Sungai Lipai Panen 6 Ton Cabe

Kampar, (Antarariau.com) - Ramadan 1437 Hijriah kali ini membawa berkah tersendiri bagi Kelompok Tani (Poktan) Mekar Tani, Desa Sungai Lipai, Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar.

Senyum ceria ditampakkan kelompok tani yang beranggotakan 10 orang

tersebut karena berhasil panen cabe rawit hingga 6 ton. Ketua Poktan Mekar Tani, Sakimin (39) misalnya, ia senang cabe rawit yang ia tanam dapat panen dengan kondisi yang sangat baik.

Kami menanam hampir 6000 batang cabe rawit di lahan seluas 1 hektar sekitar dua bulan lalu. Panen ini telah kami rencanakan di bulan Ramadan. Alhamdulillah, kami bisa panen sekitar 6 ton cabe rawit dengan bantuan enam orang pekerja, ujar Sakimin ketika panen, Selasa (14/6).

Ia mengaku berterima kasih kepada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) karena terus memperhatikan dan mendamping Poktan Mekar Tani yang ia pimpin.

Sampai saat ini, telah banyak bantuan yang diberikan perusahaan kertas ini untuk menunjang keberhasilan hasil tani mereka, seperti bantuan pupuk hingga obat- obatan untuk tanaman.

Tidak hanya itu, para petani juga dibantu dengan sistem kredit tanpa bunga yang dikelola oleh kelompok melalui Unit Simpan Pinjam (USP). Menurutnya, hal tersebut merupakan bukti kepedulian RAPP peduli dengan masyarakat di wilayah operasional.

Community Development (CD) Officer sektor Teso, M Daim mengapresiasi atas keuletan Poktan Mekar Tani. Hal tersebut membuktikan mereka serius untuk memanfaatkan bantuan yang telah diberikan sehingga dapat meningkatkan pendapatan mereka.

Saat ini kelompok tani tersebut sedang melakukan Sekolah Lapangan khusus tanaman cabe. Dalam sekolah tersebut, mereka dilatih mulai dari membuka lahan hingga panen, ucap Daim.

Daim berharap kepada kelompok ini agar semangat untuk bertani supaya kegiatan bercocok tanam selalu ada seiring mulai banyaknya profesi lain yang bermunculan.

Kami berharap kelompok ini terus semangat untuk bertani. Perusahaan selalu berusaha untuk mendukung kegiatan ini karena sesuai dengan cita-cita RAPP, yakni good for community, good for country, good for climate, good for company, tutup Daim.