Pengguna Bus Trans Metro Pekanbaru Bakal Dimanja

id pengguna bus, trans metro, pekanbaru bakal dimanja

Pengguna Bus Trans Metro Pekanbaru Bakal Dimanja

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Pengguna bus trans metro Pekanbaru (TMP) bakal dimanja dengan adanya penambahan sembilan unit mobil baru untuk koridor I jurusan Pelita Pantai - Pandau Permai, karena mereka tidak perlu terlalu lama menunggu bus yang lewat.

Selain itu bus yang dilengkapi pendingin udara, tempat duduk yang nyaman serta hanya bayar satu kali untuk berbagai tujuan dalam kota Pekanbaru itu, penambahannya akan dilaksanakan awal Mei 2016.

"Sebelumnya hibah sebanyak 20 unit bus itu mangkrak dan pada 2015 diperbaiki dengan dana APBD sebesar Rp800 juta, namun hanya cukup untuk sembilan unit bus saja," kata Kepala Unit Pelayanan Terpadu Daerah Pengelola Angkutan Perkotaan (PAP) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Pekanbaru Wisnu di Pekanbaru, Sabtu.

Wisnu menerangkan selama bus tersebut dikandangkan tidak mendapat perawatan serta dioperasikan akibat lambannya proses penyelesaian administrasi dari pusat.

Selanjutnya kini sembilan bus itu direncanakan akan memperkuat armada bus Sarana Angkutan Umum (SAUM) Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang sudah ada saat ini.

Karena sambung dia, pengoperasian bus tersebut harus ada payung hukumnya. Maka kini pihaknya sedang mempersiapkan peraturan walikota (perwako) untuk jadi petunjuk teknisnya.

"Kami hanya tinggal menunggu payung hukum berupa Perwako lalu langsung bisa beroperasi," bebernya.

Ia menambahkan saat ini sembilan bus yang sudah siap jalan itu kini berada di terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS). Setelah mendapatkan uji kelayakan dan tes dari Dishubkomimfo.