Tekan kasus COVID-19, Pekanbaru kurangi waktu operasional bus TMP

id Bus tmp,trans metro, trans metro pekanbaru

Tekan kasus COVID-19, Pekanbaru kurangi waktu operasional bus TMP

Seorang warga melintas di depan deretan bus Trans Metro Pekanbaru yang terparkir di Terminal AKAP Bandar Raya Payung Sekaki Pekanbaru, Riau. (ANTARA/Rony Muharrman)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub) mengurangi jam operasional bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) dari 16 jam per hari menjadi 12 jam guna menekan dan memutus mana rantai penularan COVID-19 di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

"Jam operasional dan rit bus TMP dikurangi dari yang biasa pukul 05.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB menjadi pukul 06.00 WIB hingga pukul18.00 WIB," kata Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota PekanbaruKhairunnas di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan kebijakan pengurangan jam operasional bus TMP sebanyak empat jam itu dimulai bulan Oktober ini.

Khairunnas mengatakan, pengurangan jam operasional dan trayek bus TMP bertujuan meminimalisir potensi penularan COVID-19 selama masa pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) yang sudah diterapkan pada empat kecamatan di Kota Pekanbaru.

"Pengurungan jam operasional ini hanya selama PSBM saja, setelah itu kembali normal," kata Khairunnas.

Khairunnas juga mengimbau kepada pengguna jasa bus TMP untuk tidak berdesak-desakan di dalam bus, menjaga jaga dengan penumpang lain untuk antisipasi COVID-19.

"Penumpang juga wajib selalu menggunakan masker dalam bus," pungkasnya.