Raskin Diganti Rastra, Kualitas Beras Bantuan Bulog Akan Lebih baik

id raskin diganti, rastra kualitas, beras bantuan, bulog akan, lebih baik

Raskin Diganti Rastra, Kualitas Beras Bantuan Bulog Akan Lebih baik

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Divre Riau dan Kepulauan Riau mengklaim, beras rakyat miskin atau raskin tahun ini memiliki kualitas lebih baik dibanding tahun 2015 karena dilakukan proses penyortiran.

"Kualitas beras jenis medium dengan terminologi miskin, selama ini disematkan dan sudah populer sebutan raskin. Namun mulai tahun ini diubah, jadi beras bagi warga sejahtera," papar Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog Divre Riau-Kepri, Tommy Despalingga di Pekanbaru, Kamis.

Beras bagi warga sejahtera (rastra), jelasnya, mulai disematkan dan mulai disalurkan dengan kualitas medium dan memiliki ciri-ciri tidak berbau apek, tidak berwarna kuning, tidak berkutu, tidak berbatu atau tidak berjamur.

Dengan demikian, rastra tersebut dinilai layak untuk dikonsumsi bagi rumah tangga sasaran penerima manfaat baik di Riau maupun Kepri dengan jumlah 292.388 kepala keluarga dengan pagu rastra sebanyak 52.629.840 kilogram selama tahun 2016.

"Perbaikan kualitas beras itu, karena selama ini kami banyak menerima kritikan soal kualitas raskin cenderung buruk. Hal itu sejalan dengan program pemerintah yang tetap akan menyalurkan rastra seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkap dia.

Lebih lanjut Tommy berujar, saat ini berbagai cara telah dilakukan pihaknya, agar kualitas rastra jauh lebih baik dari kualitas raskin salah satunya dengan melakukan penyortiran, sebelum beras disalurkan.