Polresta Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Selama Kongres HMI

id polresta siapkan, rekayasa lalu, lintas selama, kongres hmi

Polresta Siapkan Rekayasa Lalu Lintas Selama Kongres HMI

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor Kota Pekanbaru menyiapkan rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-29 yang akan diselenggarakan di ibukota Provinsi Riau tersebut pada 22-26 November mendatang.

"Pelaksanaan kongres dilakukan di Gelanggang Remaja Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru dan kita telah menyiapkan sejumlah skema untuk mengantisipasi kemacetan," kata Kepala Satlantas Polresta Pekanbaru, Kompol Zulanda kepada Antara di Pekanbaru, Sabtu.

Ia menjelaskan sejumlah skema yang dimaksud adalah pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jalan Jenderal Sudirman dari Jalan Kaharuddin Nasution dialihkan melalui Jalan Adi Sucipto menuju Jalan Rawa Mulia.

Kemudian dari Jalan Rawa Mulia masuk ke Jalan Rawa Indah yang selanjutnya keluar ke Jalan Arifin Ahmad menuju Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara itu kendaraan yang datang dari arah kota yang menuju Jalan Arifin Ahmad, kemungkinan besar akan terjadi contraflow (lawan arus), dimana para pengendara akan diarahkan berbelok melalui "U-Turn" depan Purna MTQ kemudian berbelok ke kiri untuk menuju Jalan Arifin Ahmad.

Menurutnya rekayasa lalu lintas itu akan dilakukan selama pelaksanaan kongres pasca pembukaan di Hotel Labersa, Kampar tepatnya pada 23-26 November.

"Meski kita telah menyiapkan pengalihan arus lalulintas sedemikian rupa, kita tetap mengacu pada kondisi lalu lintas saat pelaksanaan kongres," jelasnya.

"Jika memang pada saat kongres tidak terjadi kemacetan berarti, kita tidak akan lakukan pengalihan arus," tambah Zulanda.

Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat pengguna jalan terutama pengendara yang datang dari arah selatan menuju kota maupun yang dari kota menuju ke selatan agar tetap mengikuti petunjuk dari personel lalu lintas yang bertugas di sekitar lokasi kegiatan HMI agar terhindari dari kemacetan.

Sementara itu, ia mengatakan dalam upaya rekayasa arus lalu lintas itu, pihaknya mengerahkan sebanyak 75 personil kepolisian. "Itu hanya dari Satlantas Polresta Pekanbaru, belum petugas gabungan lainnya," ujarnya.

Sebelumnya Jajaran Kepolisian Daerah bakal mengerahkan sebanyak 1.700 personil kepolisian guna mengamankan jalannya kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Indonesia yang rencananya dibuka langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.