Masyarakat Bengkalis Resah Kabut Asap Yang Berkepanjangan

id masyarakat, bengkalis resah, kabut asap, yang berkepanjangan

 Masyarakat Bengkalis Resah Kabut Asap Yang Berkepanjangan

Bengkalis, (Antarariau.com) - Masyarakat di daerah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mengeluh dan meresahkan kabut asap yang berkepanjangan di daerah itu.

"Kabut asap kali ini benar-benar membuat kita khawatir dengan kesehatan anak-anak, dari empat anak saya saja sudah dua anak yang sakit mata dan batuk-batuk," kata warga kelurahan Damon Kecamatan Bengkalis, Wan Hamida (47), Senin.

Ia mengatakan berharap pemerintah setempat untuk mengambil langkah cepat dan tanggap untuk mengantisipasi asap yang semakin menebal di daerah itu.

Warga lainnya, Didi warga Desa Air Putih juga mengeluhkan hal yang sama bahwa kabut asap yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir menimbulkan kekhawatiran terhadap berbagai penyakit yang datang akibat asap tersebut.

"Kabut yang terjadi beberapa hari terakhir ini benar-benar kelihatannya semakin menebal, dan membuat mata pedih," katanya menjelaskan.

Selain menyebabkan kepedihan mata, tambahnya lagi, kabut asap yang melanda kabupaten berjuluk Negeri Junjungan tersebut membuat hidung kerongkongan menjadi sakit dan perih.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan Lingkungan, Irawadi, SKM.MPH di Bengkalis, Senin, mengimbau kepada masyarakat di daerah itu untuk menggunakan masker kain dan mengimbau para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

"Gunakan masker kain, atau masker buatan sendiri dan sebelum digunakan basahkan terlebih dahulu masker tersebut," kata Irawadi.

Ia mengatakan masker kain atau masker buatan rumah tersebut mampu melindungi dari bahaya kabut asap yang semakin menebal di daerah itu.

Selain menggunakan masker kain, masyarakat juga diingatkan untuk memperbanyak minum air putih dalam kesehariannya untuk menangkal penyakit akibat asap.